Wednesday, June 2, 2010

Meredam Hasrat Untuk Merokok Selamanya


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Senin, 24 Mei 2010 | Tanpa kesiapan mental, mantan perokok akan mudah kembali menjadi pecandu rokok.
Saat memutuskan melakukan perubahan gaya hidup seperti berhenti merokok, banyak orang mencoba menyibukkan diri agar terhindar dari godaan. Cara ini memang efektif meredakan hasrat merokok, tapi hanya sesaat.

Bagi orang yang berkeinginan meninggalkan rokok, perubahan harus terjadi dari dalam dan luar. Perilaku luar dan pikiran harus dicocokkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Menurut pakar kesehatan di Klinik Mayo, setelah berhenti merokok, Anda perlu mengubah rutinitas selama menjalani masa transisi gaya hidup baru. Anda juga perlu mengikutsertakan kondisi internal agar tak mudah kembali pada gaya hidup tak sehat.

Saat-saat awal memang sulit. Namun, biarkan diri merasakan ketidaknyamanan itu. Jangan terburu-buru merasa telah berhasil. Sebab, banyak orang yang berhasil pada awalnya, namun tidak dapat mempertahankan ritme untuk terus menghindari rokok. Inilah yang menyebabkan kebiasaan buruk itu kembali lagi.

Atur sebuah perubahan jadwal dalam agenda harian dengan memperpanjang waktu rutinitas saat mandi air panas. Dengarkan musik easy listening (lembut) dan biarkan pikiran merasa tenang dan damai. Selama relaksasi, Anda dapat mengubah paradigma dan mengukuhkan alasan Anda harus berhenti merokok.

Selain itu, dianjurkan makan menu buah-buahan yang mampu melunturkan racun penyebab kecanduan rokok. Berolah raga secara rutin, menurut ahli, mampu mengaktifkan tubuh dan menghilangkan racun melalui keringat. Setelah berhasil melalui masa transisi, pertahankan gaya hidup sehat agar tak lagi menggantungkan diri pada rokok.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Meredam Hasrat Untuk Merokok Selamanya”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...