Thursday, June 10, 2010

Makam Pria Tanpa Kepala Di Kuil Suku Maya


www.AstroDigi.com


Gambar diambil dari: sciencedaily.com

Harian-global.com | Senin, 15 Maret 2010 | Sebuah tengkorak pria tanpa kepala baru-baru ini ditemukan para arkeolog bersama dengan sebuah pot dan benda-benda bersejarah lainnya di bawah Bonampak, Kuil Pemujaan di Meksiko. Bonampak terletak di sekitar 30 km selatan Yaxchilan, Meksiko berbatasan dengan Guatemala

National Geographic, Minggu (14/3) menulis bahwa tengkorak pria tanpa kepala itu masih menyimpan misteri. Sejumlah ilmuwan menduga ia adalah seorang prajurit dari pihak musuh Suku Maya yang menjadi korban tumbal. Dugaan lain bisa jadi pria itu adalah salah seorang kerabat pemimpin kota itu. "Siapapun dia, dari lokasi pemakaman mengindentifikasikan bahwa dia adalah orang yang khusus," ujar anthropolog Emiliano Gallaga Murrieta.

Pada masa dibangunnya kuil pemakaman ini sekitar tahun 790 Masehi, Bonampak merupakan kota yang dihuni ribuan warga. Kuil ini terdiri dari 3 ruang. Ruang Pertama ditujukan bagi pewaris kerajaan yang masih muda. Ruang Kedua di atas makam yang baru ditemukan itu berisikan penyimpanan bagian-bagian tubuh orang yang diduga prajurit. Dan Ruang Ketiga dipenuhi dengan lukisan-lukisan ritual berdarah.

Pemakaman di bawah kuil dan piramida Suku Maya sudah hal yang umum, ujar Gallaga, direktur kampus Chiapas National Institute of Anthropology and History, Meksiko. Dia menegaskan hingga kini yang menjadi misteri adalah persembahan apa yang diberikan di kuil itu dan siapa yang dikuburkan di sana.

Dia menambahkan bahwa makam yang ditemukan itu cukup sederhana dimana kondisi jasad dibungkus plaster putih dan ukuran makam hanya pas untuk tubuh si mayat. Dari pemeriksaan diduga tengkorak itu milik seorang pria berusia sekitar 35 hingga 42 tahun. Satu hal yang diyakini adalah kepalanya yang hilang karena dipenggal untuk pengorbanan.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Makam Pria Tanpa Kepala Di Kuil Suku Maya”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...