Tuesday, June 22, 2010

Latihan Penambah Tinggi Badan


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Rabu, 28/4/2010 | Dalam artikelnya yang berjudul Improve Your Posture di majalah Women's Health, Drew DeMann, PhD, mengatakan bahwa kurang olahraga bisa menyebabkan Anda terlihat lebih pendek. Selain itu juga menghambat aliran darah, yang menyebabkan gangguan pencernaan.

Postur tubuh yang baik akan meningkatkan sirkulasi darah, dan membuat tubuh Anda terlihat lebih tinggi. Memperbaiki postur tubuh juga akan membantu mengurangi sakit kepala dan sakit pada leher. Untuk itu, Sarka-Jonae Miller -personal trainer yang menguasai martial arts dan yoga- menyarankan untuk melakukan latihan memperbaiki postur tiga kali seminggu. Dua jenis latihan yang disarankannya adalah:

Mengayuh di stability ball
1. Duduklah di atas stability ball. Letakkan kaki Anda mendatar di lantai dengan jarak selebar pinggul. Pegang sepasang dumbbell dengan kedua tangan. Tekuk siku di kedua sisi tubuh dengan sudut 90 derajat, langsung di bawah pundak.

2. Tarik siku Anda ke belakang, berikut kedua tulang belikat Anda. Dorong pundak jauh ke bawah dari telinga ketika Anda memutar pundak dan menarik nafas. Jaga dagu Anda tertarik ke belakang saat memutar pundak, sehingga dagu tidak menonjol ke depan.

3. Bawa kembali lengan dan siku ke posisi awal, dengan siku di bawah pundak. Jaga postur tulang belakang tetap lurus, dan kunci perut Anda saat melakukan latihan ini.

4. Ulang gerakan ini 10 kali, dalam tiga set.

5. Awali latihan Anda dengan dumbbell seberat 2 kg, dan gunakan dumbbell yang lebih berat jika latihan sudah terasa ringan.

www.AstroDigi.com

Peregangan tulang belakang
1. Berbaringlah telentang di lantai atau di atas matras. Letakkan kaki di lantai dengan lutut menekuk. Taruh bantal atau handuk yang digulung untuk mengganjal kepala.

www.AstroDigi.com

2. Posisikan punggung bawah Anda rata di lantai. Biarkan punggung bawah menjadi rileks, dan menempel di matras untuk meregangkan tulang belakang.

3. Ambil nafas dalam-dalam melalui hidung. Tetaplah berbaring dalam posisi ini selama 20 menit. Berpikirlah untuk tetap melepaskan ketegangan di tulang belakang dan tulang panggul Anda.

www.AstroDigi.com

4. Lakukan latihan ini setiap hari selama beberapa minggu. Menurut Richard Brennan, PhD, profesor di Department of Biochemistry and Molecular Biology, University of Texas, latihan ini dapat menambah tinggi badan hingga 1,27 cm.

www.AstroDigi.com

Tips
Latihan yoga juga membantu memperbaiki fleksibilitas dari tulang belakang, dan memperbaiki kekuatan poros tubuh Anda. Postur yoga seperti downward facing dog, dan upward facing dog dapat meregangkan tulang belakang Anda. Gerakan full boat pose dan and locust pose juga merupakan postur yang menguatkan poros tubuh dan memperbaiki postur tubuh Anda.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Latihan Penambah Tinggi Badan”


Post a Comment