Tuesday, June 1, 2010

Duri Landak Dapat Sembuhkan Penyakit


www.AstroDigi.com

Banjarmasinpost.co.id | Selasa, 25 Mei 2010 | BAGI sebagian orang, landak mungkin merupakan hewan yang asing. Bahkan, sebagian orang mungkin takut melihat hewan yang satu ini. Hewan berbulu duri ini memang cukup unik keberadaannya. Ia bisa mengembangkan kulitnya yang penuh duri itu jika sedang terancam jiwanya.

Padahal di balik bentuknya yang mirip tusuk itu gigi mempunyai khasiat yang cespleng untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Panjang duri landak bervariasi, mulai dari lima hingga 12 centimeter. Meski menyeramkan, duri landak ternyata mempunyai kasiat untuk pengobatan.

Toko Udin Borneo di Kompleks Cahaya Bumi Selamat Martapura adalah salah satu toko yang menjual bulu landak tersebut. H Nurdin, pemilik toko ini menuturkan, bulu landak bisa mengobati masuk angin atau menyamak.

Caranya cukup mudah, bulu landak itu cukup dibakar hingga menjadi abu. Tak perlu banyak, cukup satu atau secukupnya. Setelah menjadi abu, lalu dioleskan pada perut atau bagian yang sakit. "Sudah sejak lama orangtua kita zaman dulu sudah membuktikan khasiat bulu landak itu untuk pengobatan," kata Nurdin.

Menurutnya, landak termasuk hewan langka yang dilindungi. Namun, bulu yang diperjualkan bukan dari hasil berburu landak secara ilegal. Bulu itu diperoleh dari landak yang sudah mati yang ditemukan di kawasan hutan Meratus.

Bulu landak itu memang sengaja dicari warga untuk dijual. Gunanya untuk pengobatan. Walaupun banyak masyarakat yang belum mengetahui kasiat bulu landak itu, Nurdin tetap mengkoleksi bulu itu hingga ratusan.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Duri Landak Dapat Sembuhkan Penyakit”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...