Tuesday, June 1, 2010

Awas! Di Korea Utara Jangan Sembarangan Menggunakan Ponsel! Hukuman Mati Mengancam


www.AstroDigi.com

INILAH.COM | Senin, 8 Maret 2010 | Seorang pekerja pabrik Korea Utara dieksekusi mati dengan ditembak karena berbicara pada seorang temannya di Korea Selatan melalui ponsel ilegal.

Pekerja pabrik persenjataan tersebut dituntut karena membocorkan harga beras yang rahasia dan informasi lainnya tentang kondisi hidup mereka kepada teman yang membelot ke Korea Selatan beberapa tahun lalu.

Pria yang teridentifikasi hanya dari nama keluarganya yakni Chong, menelpon pembelot dengan menggunakan ponsel China, menurut media milik negara Korea Utara.

Eksekusi itu dilakukan akhir Januari di timur kota pantai Hamhung.

Penggunaan ponsel di Korea Utara sangatlah dijaga ketat, meskipun negara tersebut memperkenalkan jaringan yang semakin canggih pada tahun 2008.

Warga Korea Utara yang melakukan panggilan telepon ilegal ke luar negeri kebanyakan menggunakan jaringan di China.

Lebih dari 10 ribu warga Korea Utara tinggal di perbatasan dekat dengan China dan diperkirakan memiliki ponsel yang diproduksi oleh China.

Pembelot Korea Utara mengatakan telah menerima panggilan telepon itu. Dia yang teridentifikasi hanya menggunakan nama keluarga Kim itu, disinyalir bekerja di Korea Selatan sebagai pegawai pemerintahan.

Korea Utara dikenal telah lama memiliki catatan buruk dalam hak asasi manusia, termasuk eksekusi hak publik, penampungan penjara politik dan penyiksaan.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Awas! Di Korea Utara Jangan Sembarangan Menggunakan Ponsel! Hukuman Mati Mengancam”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...