Thursday, June 24, 2010

Awas! Daun Bok Choy Bisa Mematikan


www.AstroDigi.com

Detik.com | Senin, 24 Mei 2010 | Bagi penggemar daun bok choy mungkin ini bisa jadi perhatian. Jangan terlalu banyak mengonsumsi sayuran keluarga kubis ini karena enzim dalam sayuran tersebut bisa menurunkan serapan iodium ke tiroid yang bisa membuat hipotiroid (kekurangan tiroid).

Kondisi ini dialami seorang perempuan lansia keturunan China (88 tahun) yang tinggal di Amerika. Perempuan tua ini sangat doyan mengonsumsi daun bok choy (kubis putih China) mentah yang jumlahnya 0,9-1,35 kg setiap harinya selama beberapa bulan.

Perempuan ini memiliki keyakinan bahwa makan daun bok choy bisa membantunya mengelola gejala diabetes yang dideritanya. Selama berbulan-bulan perempuan itu mengonsumsi daun bok choy mentah tanpa tambahan bumbu, garam atau saus.

Hingga suatu hari, perempuan tersebut dilarikan ke ruang gawat darurat New York University's hospital, di New York City oleh keluarganya, setelah ia menjadi lesu, kehilangan kemampuan untuk berjalan dan menelan selama 3 hari.

Berdasarkan laporan dari New England Journal of Medicine, dokter menduga penyebabnya adalah enzim yang dihasilkan dari sayuran mentah tersebut.

"Ketika tiba di rumah sakit, ia menderita hipotiroid ekstrim, kegagalan pernapasan yang berhubungan dengan gangguan tiroid yang berpotensi mengancam hidup sehingga mengakibatkan koma," ujar Dr Michael Chu dari New York University's hospital, seperti dikutip dari AOLHealth, Senin (24/5/2010).

Dokter terpaksa harus memberikan tambahan sejumlah hormon tiroid sintetis melalui pembuluh darah intravena dan obat anti inflamasi yang kuat untuk menyelamatkan nyawa perempuan tersebut.

Dr Chu menuturkan pasien ini juga memiliki rambut yang kasar, kulit kering dan gejala lainnya, serta diberikan perawatan intensif di ICU. Didapati bahwa pasien ini biasa mengonsumsi daun bok choy mentah tanpa tambahan bumbu, garam atau saus.

Saat keluarga menanyakan apakah perempuan ini masih bisa terus mengonsumsi sayuran bok choy, dokter pun tidak merekomendasikan hal tersebut. Setelah empat sampai enam minggu berada di rumah sakit, ia telah menunjukkan kemajuan dan dipindahkan ke ruang rawat rehabilitasi.

Meskipun sayuran bok choy bisa masuk ke perut, tapi tubuhnya tidak dapat memproses begitu banyak daun dan batang sayuran yang mengandung enzim myrosinase. Jika enzim tersebut jumlahnya berlebihan di dalam tubuh, maka bisa menghentikan produksi kelenjar tiroid.

Seseorang sebaiknya memasak daun bok choy sebelum mengonsumsinya, karena kondisi ini bisa membantu membuat enzim tersebut keluar dan tidak masuk ke tubuh.

"Beberapa jenis makanan tertentu yang berasal dari keluarga kubis memang diketahui bisa menyebabkan tiroid menghentikan produksinya atau justru meningkatkan produksi hormon tiroid. Hal ini disebabkan enzim dalam sayuran tersebut bisa menurunkan serapan iodium ke tiroid sedangkan iodium ini diperlukan untuk produksi hormon tiroid," ungkap Dr Chu.

Hipotiroid terjadi ketika kelenjar tiroid di tenggorokan yang berfungsi mengontrol metabolisme menjadi kurang aktif dan menghasilkan jumlah hormon tiroid yang abnormal atau lebih rendah dari seharusnya.

Kondisi ini menyebabkan seseorang mudah lelah, gangguan berat badan, masalah pernapasan, rambut yang rapuh dan menipis, kulit kering serta detak jantung yang lambat. Jika kelenjar tiroid ini tidak lagi berproduksi, maka bisa mengakibatkan kematian.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “Awas! Daun Bok Choy Bisa Mematikan”

Wah ternyata kebanyakan makan daun bisa bahaya juga ya

Anonymous said...
on 

saya suka tuh makan bok choy,,tp untung di rebus 1/2 mateng dulu,,,
kalau lalapan gmana ??

Ayo Belajar Bahasa said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...