Tuesday, June 29, 2010

Awas! Air Limpasan Kaca Mobil Bisa Jadi Sumber Penyakit Legioner Yang Berbahaya


www.AstroDigi.com

BBC.co.uk | Senin, 14 Juni 2010 | Air limpasan/cipratan kaca mobil mungkin jadi sumber 20% dari kasus penyakit legioner di Inggris dan Wales, kata Badan Perlindungan Kesehatan (HPA) setempat.

Dalam kondisi menggenang, air hangat merupakan tempat berbiak bakteri legionella yang bila tersedot melalui nafas akan menyebabkan radang paru.

Dengan mencuci kaca mobil, bakteri bisa dimatikan dan nyawa diselamatkan kata HPA.

Temuan ini muncul setelah para peneliti mendapati pengemudi profesional berisiko lima kali lebih besar tertular penyakit ini dibanding yang lain.

Penyakit legioner cukup langka. Sebagian besar kasusnya merupakan kasus sporadis sementara sumber penularan penyakit belum ditemukan.

Jumlah kasus berbeda dari tahun ke tahun, namun pada tahun 2009 terjadi 345 kasus di Inggris dan Wales - meskipun pada sejumlah kasus penularannya terjadi di luar negeri.

Biasanya bakteri ini menulari pasien diatas usia 50an dan lebih banyak ditemukan pada pria.

Gejala awal menunjukkan tanda-tanda mirip dengan dengan flu yakni ngilu sendi, kecapekan, kepala sakit, batuk kering dan demam. Penyakit ini jadi fatal pada 10-15% kasus.

Untuk mencari tahu kenapa orang yang bekerja sebagai pengemudi jarak jauh lebih mudah terinfeksi, tim riset di cabang HPA membuat kuestioner yang ditujukan pada pasien yang terinfeksi.

Peneliti mendapati bahwa risiko penularan terbesar ada pada pengemudi yang bepergian dengan mobil jenis van, yang melewati rute kawasan industri, serta yang menghabiskan banyak waktu dalam kendaraan atau sering membuka kaca jendela mobilnya.

Resiko terbanyak dhubungkan dengan kasus dimana penderita tidak menambahkan zat cuci kaca ke air limpasan kaca mobil, demikian dinyatakan Jurnal Epidemologi Eropa.

Dalam sebuah studi percobaan yang dilakukan HPA, sisa bakteri legionella ditemukan pada satu dari lima mobil yang tidak menggunakan cairan cuci kaca, namun bakteri itu tidak ditemukan pada mobil yang dilengkapi cairan cuci kaca.

Dr Isabel Oliver, direktur wilayah kantor HPA, mengatakan lebih banyak riset dibutuhkan untuk memastikan hal ini, namun warga disarankan untuk mengecek apakah mobil mereka dilengkapi dengan cairan pencuci kaca karena biasanya didalamnya terdapat zat yang membunuh bakteri.

"Bakteri ini tidak menular dari orang ke orang tapi muncul di lingkungan sekitar air dan hidup berkat adanya partikel air yang bagus atau di tengah kabut."

Profesor Hugh Pennington, seorang pakar bakteriologi, mengatakan saran menambahkan cairan pencuci sangat tepat - terutama karena juga bisa membantu membuat pandangan dari kaca mobil lebih jelas.

"Legioner adalah penyakit yang langka namun bisa mematikan. Bila bisa dicegah dengan sesuatu yang sederhana maka benar-benar akan memudahkan."

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Awas! Air Limpasan Kaca Mobil Bisa Jadi Sumber Penyakit Legioner Yang Berbahaya”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...