Friday, January 22, 2010

Selamat!! . . Meskipun Sebatang Besi Besar Menembus Tengkorak


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | PHINEAS GAGE adalah manusia paling luar biasa dalam kemampuan bertahan hidup, namanya menjadi legenda dan berada di tempat teratas dalam daftar orang-orang yang selamat dari kematian. Sebatang besi besar telah menembus tengkoraknya, menusuk menyilang dari rahang hingga menembus otak dan melubangi tengkorak bagian atasnya. Sangat luar biasa ia SELAMAT!!!. Dan hanya harus kehilangan penglihatan pada mata kirinya.

Phineas Gage yang bekerja sebagai pekerja pemasangan rel kereta api di wilayah Cavendish, Vermont, Amerika Serikat. Pada musim gugur tahun 1848 terjadilah kejadian paling naas dalam hidup Phineas Gage, entah bagaimana awalnya, saat ia berada diantara perkakas dan batang-batang besi, serbuk mesiu yang kebetulan berada tidak jauh dari tempat Phineas Gage berada, tumpah dan tersulut sehingga menimbulkan ledakan.


Ledakan ini begitu kuat, melemparkan perkakas dan besi-besi yang berada dekat dengan mesiu. Naas bagi Phineas Gage sebuah batang besi sepanjang hampir 1 meter, dengan ujung runcing terlontar keras menembus rahang Phineas Gage yang sedang terjatuh, batang besi ini menembus rahang, masuk kedalam kepala, menembus otak dan melubangi tengkorak bagian atas Phineas Gage.

www.AstroDigi.com


Hal yang juga sangat luar biasa, Phineas Gage yang kesakitan dan terluka luar biasa parah tidak seketika pingsan, sanggup berjalan keluar dari lokasi kejadian sebelum terjatuh dan mendapat pertolongan. Para dokter angkat tangan dan merasa tidak sanggup menyelamatkannya, beruntunglah seorang dokter ahli bedah bernama Dr. Harlow bersedia menangani operasinya.

Operasi penyelamatan yang untung-untungan itu ternyata sukses, dan ini merupakan operasi penyelamatan nyawa terbesar dalam sejarah. Sangat luar biasa apalagi bila mengingat pada masa itu peralatan dan teknologi kedokteran belumlah secanggih sekarang. Phineas Gage selamat tanpa harus menjadi gila ataupun idiot akibat kerusakan otaknya, ia hanya kehilangan satu mata kirinya dalam kecelakaan tersebut.

Phineas Gage masih hidup selama 10 tahun kemudian setelah kejadian tersebut, ia masih menyimpan batang besi yang pernah menembus tengkoraknya, hingga akhir hayatnya. Ia kemudian diterima bekerja di sebuiah museum (Barnum’s Museum). Pada tahun 1867 kuburannya digali kembali, untuk kepentingan studi. Tengkorak dan batang besinya disimpan di Harvard Medical School's Warren Anatomical Museum di Boston.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...