Friday, January 22, 2010

ROBOCAFE Pelayan Restoran Tak Kenal Lelah




Gambar diambil dari: http://static.liputan6.com

AstroDigi.com | Di Korea Selatan dan Jepang kini mulai banyak dijumpai restoran dengan para pelayan restoran yang terdiri dari robot-robot yang telah didesain khusus untuk melayani kebutuhan tamu dalam menyajikan makanan. Robot-robot ini pada awalnya merupakan ide cemerlang dari sebuah produsen robot terkemuka di Korea Selatan, ITM Technology

Para tamu dapat memesan makanan dengan mengoperasikan pilihan menu yang ditampilkan pada layar sentuh (touch screen) yang terdapat pada Robocafe. Robocafe akan berjalan pada lintasan khusus yang telah disediakan. Robot-robot ini mempunyai kemampuan untuk mengirimkan nota pesanan secara online ke dapur dan mengambil makanan, mulai dari dapur hingga ke meja tamu.

Dengan biaya perawatan yang ringan, maka Robocafe merupakan saingan bagi para pelayan restoran yang sebenarnya, mengingat gaji rata-rata karyawan di Korea Selatan dan Jepang cukup tinggi. Namun tentunya para pekerja tidak perlu merasa terlalu khawatir, restoran-restoran besar tetap menyukai manusia sebagai pelayannya.

Robocafe ini ideal untuk restoran dengan skala kecil dan menengah saya. Robocafe pertama kali diperkenalkan pada International Robot Expo 2009 di Tokyo, Jepang, yang diselenggarakan pada bulan Desember. Setelah itu pemesanan mulai mengalir, dan ITM Technology juga terus berinovasi dengan mengembangkan berbagai tipe robotnya, dengan berbagai pilihan bentuk dan kemampuan, untuk membuat para calon pembeli semakin tertarik. Berminat??

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “ROBOCAFE Pelayan Restoran Tak Kenal Lelah”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...