Saturday, January 23, 2010

Mobil Dengan Konsumsi BBM 1000Km/liter




Gambar diambil dari: http://tekno.liputan6.com

AstroDigi.com | Tim kreatif dari jurusan teknik mesin Institut Sepuluh November Surabaya (ITS), berhasil menciptaan sebuah mobil futuristik dengan desain yang unik, mobil futuristik tersebut mampu menempuh jarak sejauh 1000Km dengan konsumsi hanya 1 liter bensin. Luar biasa, jarak 1000Km adalah setara dengan jarak perjalanan antara Jakarta – Surabaya.

Mobil futuristik ini diberi nama Sapu Angin, yang diambil dari nama sebuah ajian sakti dari Sunan Kalijaga yang konon membuatnya mampu berlari kilat, dari satu tempat ke tempat lainnya. Dibangun oleh tim yang diberi nama sama yaitu tim Sapu Angin ITS yang beranggotakan 15 mahasiswa dengan kemampuan diatas rata-rata.

Mobil dengan warna putih ini hanya mempunyai tiga buah roda, diperkirakan untuk meminimalisir gesekan. Mulai dibangun sejak Agustus 2009 lalu dan setelah sebulan bekerja keras tim Sapu Angin ITS berhasil menyelesaikan prototype pertamanya. Peluncuran kendaraan ini diresmikan oleh hadirnya Rektor ITS, bapak Priyo Suprobo, dan Presdir PT Shell Indonesia, Bapak Darwin Silalahi.

Rencananya tim Sapu Angin ITS akan membuat dua buah mobil Sapu Angin. Keduanya akan disertakan pada Shell Eco Marathon 2010, Malaysia, sebuah ajang lomba kendaraan futuristik yang melombakan desain mobil baik dari sisi model, kenyamanan maupun kinerja mesin.

OK, tim Sapu Angin, tetap semangat, kami rakyat Indonesia turut mendoakan kesuksesan kalian semua. Bravo!!

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...