Wednesday, January 27, 2010

Hati-hati Pada Es Batu!




Gambar diambil dari: www.acornadvisors.com

AstroDigi.com | Anda yang menyukai minuman dingin yang disajikan dengan es batu berhati-hatilah! Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jasmine Roberts, seorang siswa sekolah menengah di Amerika, menunjukkan bahwa, kandungan bakteri E-coli pada es batu cukup tinggi, bahkan (yang mengejutkan) ternyata lebih banyak dibandingkan dengan air toilet!

Dalam sebuah tugas yang diadakan di sekolahnya, Jasmine Roberts melakukan pengujian pada es batu yang diambil dari 5 buah fast food restaurant di wilayah seputar sekolahnya. Kemudian ia memeriksa kandungan bakteri dalamnya dengan menggunakan fasilitas lab University of Florida. Saat ia mendapatkan begitu banyak kandungan bakteri E-coli pada es batu ia begitu terkejut, mengingat bakteri ini bisanya terdapat pada air toilet, air sumur yang tercemar air toilet, dan limbah.

Ia kemudian melakukan perbandingan konsentrasi bakteri yang ia dapatkan pada es batu dengan air yang diambilnya dari toilet sekolahnya. Hasil temuannya ternyata sangat mengejutkan! Konsentrasi bakteri E-coli yang ada pada es batu ternyata justru lebih besar dari air yang ia ambil dari toilet! Atas penemuannya Jasmine Robert berhak atas uang penghargaan senilai 800 dollar.

Catatan yang kemudian dibuat setelah tugas tersebut diselesaikan dan dipublikasikan adalah:
Es batu yang banyak dijual bersama dengan minuman di warung atau restaurant tidaklah steril, dan juga belum tentu bersih karena mesin pembuat es seringkali tidak menerapkan kaidah kebersihan dalam operasinya. Juga tangan-tangan yang menyentuh es sejak dari produksi hingga penyajian juga tidak bersih, hal inilah yang menyebabkan berkembangnya bakteri pada es batu tersebut.

Nah . . para pembaca yang gemar memesan minuman yang diberi es batu, hendaknya dapat mengambil pelajaran dari artikel ini. Sebarkan artikel ini pada keluarga, teman dan orang-orang yang anda cintai, semoga bermanfaat. Mari hidup sehat!!

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Hati-hati Pada Es Batu!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...