Wednesday, May 27, 2009

PUSH UP Latihan Penguat Otot Lengan, Bahu Dan Dada




gambar diambil dari farm4.static.flickr.com

AstroDigi.com | Untuk latihan harian anda dapat melakukan push up, atau menambahkan push up, pada porsi latihan yang sudah anda jalankan. Latihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan anda.

Sebelum memulai latihan Push Up, selalu awali dengan latihan leher, lakukan gerakan menekuk leher ke depan dan kebelakang minimal 30 kali, lanjutkan dengan menekuk ke kiri dan ke kanan minimal juga 30 kali, dan lanjutkan dengan membuat gerakan memutar, dengan setiap 3 kali gerakan berganti arah putaran, ulangi sampai 5 kali.

Latihan leher diperlukan agar anda tidak mengalami cedera leher akibat tarikan urat leher pada saat melakukan gerakan push up. Latihan leher ini juga mencegah anda dari rasa pusing setelah push up.

Untuk melakukan push up yang benar, mula-mula posisikan tubuh anda tertelungkup. Letakkan lengan tepat di samping kanan dan kiri anda, tidak terlalu lebar juga tidak terlalu sempit. Tarik nafas sebelum mengangkat tubuh, dan bersamaan dengan gerakan lengan mengangkat tubuh anda lepaskan nafas. Saat bergerak turun tarik nafas kembali.

Lakukan latihan ini dengan repetisi 10 kali untuk pemula dan 25 kali untuk anda yang sudah berlatih lebih dari 60 hari, dan 50 sampai 100 kali untuk anda yang sudah cukup kuat untuk memulai pembentukan otot. Biasanya perlu waktu antara 3 sampai 5 bulan untuk memperoleh kekuatan yang cukup untuk repetisi 50 sampai 100 kali.

Manfaat latihan Push Up, antara lain:
Pertama:
Push Up menguatkan otot Lengan, Bahu dan Dada. Gerakan push up yang terpusat pada tubuh bagian atas akan membuat dada dan bahu anda kuat dan tegap, lengan anda sebagai pusat penggerak akan mempunyai otot yang kekar dan kuat.

Kedua:
Push Up juga membuat anda tidak mudah terkilir, terutama pada bagian lengan dan bahu. Selain kuat otot lengan dan tubuh bagian atas menjadi lebih lentur.

Ketiga:
Push Up membantu melancarkan aliran darah ke kepala, terlebih lagi bila anda melakukan latihan leher sebelum memulai push up sesuai dengan petunjuk di atas, sehingga anda akan dapat merasa lebih segar dan nyaman.

www.AstroDigi.com ( Nino Guevara Ruwano )

Comments :

13 comments to “PUSH UP Latihan Penguat Otot Lengan, Bahu Dan Dada”

Bagaimana cara membuat otot lengan lebih kuat melakukan push up lebih dari latihan sebelumnya?

ahmad farihul khoiri said...
on 

bguz boz info.nya,
thanx a l0t,

visit my blog
http://existenceofmusic.blogspot.com

Existence Of Music said...
on 

thanx infonya

bagus said...
on 

Menjawab pertanyaan Gustari Harbi :
Pada saat melakukan aktifitas apapun , tubuh kita membutuhkan oksigen lebih banyak.. dan darah. karena itu , di saat kita melakukan gerakan latihan sperti push up yang berfokus pada otot memerlukan oksigen untuk daya tarik kembang otot. karena jika tidak ada oksigen yang masuk, akan menyebabkan dehidrasi pada otot lengan, bahu, dan dada. bahkan menyebabkan keletihan serta sakit.

Anonymous said...
on 

Menjawab pertanyaan Ahmad Farihul Khoiri :
Bagaimana cara membuat otot lengan lebih kuat melakukan push up lebih dari latihan sebelumnya?

Bagi anda yang masih pemula, tingkatkan terus.. dengan waktu stopwatch minimal 1 menit : 20 x

sedangkan jika anda sudah terbiasa latihan push up, pastikan anda meningkatkan latihan sampai ukuran standar : 50 x / menit.
menguatkan otot dengan barbel setiap hari.. usahakan terus berlatih setiap hari dan tidak tanggung tanggung.. buatlah jadwal latihan rutin sebisa anda. jika anda terus berlatih, maka lihatlah hasilnya dalam 5 bulan terakhir.. niscaya otot otot lengan, bahu, dan dada anda terlihat jauh lebih kekar dan tegap dari sebelumnya.

Anonymous said...
on 

Menjawab pertanyaan Rahmadi Fivex :

wktunya setiap melakukan push up itu
berapa menit ?
tolong dijawab........
makasihh

anda bisa melakukan latihan rutin setiap hari dengan cara :
berulang ulang
tahap awal 20 x/ menit, kemudian 50 x/ menit, dan 100 x/ menit setiap hari... ukuran standar adalah : 50 x / menit.

Anonymous said...
on 

tanya mas? jadi saat kita mengangkat tubuh kita lepaskan napas dan saat kita menurunkan tubuh kita menarik napas gitu ya mas?

Horier - Facebook, Twitter n Blogger Tricks said...
on 

@Bung Horier:
Betul!! Untuk gerakan push-up yang ritmenya agak lambat (dibawah 40x per menit), pola nafasnya memang seperti itu.

Bila anda melakukan push-up dengan ritme yang cepat maka lakukan satu tarikan dafas dan keluarkan sedikit-sedikit dalam beberapa kali push-up.

NINO said...
on 

stu tarikan nafas, trus push-up 10x dan hmbuskn blh kn..?

Anonymous said...
on 

thanks banget ya infonya . .. smg brmanfaat !

visit my blog :

http://adil81999.blogspot.com

Ahmad Adil said...
on 

push up nya berapa kali sehari, supaya ga berlebihan dan ga sakit otot?
tolong jawab.

Anonymous said...
on 

Dulu saya pernah intens ikut fitness selama kurang lebih 3 bulan. Hasilnya lumayan memuaskan. Pada waktu itu saya imbangi dengan meminum "muscle juice" dan tablet putih yg dikunyah saat latihan (lupa namanya kalo nggak salah amino). Setelah berhenti, otot2 saya kendor. Apa dengan push up otot saya bisa kembali kencang?

muhaiminabd said...
on 

Saya push up 200x sehari rutin tpi koq hasilnya g memuaskan y ototnya nongol dikit tpi keras dan padat tpi kurang kliatan jdi hrus gmana

Steve Kwon said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...