Sunday, May 17, 2009

Mengapa Kita Harus BerOLAHRAGA?


AstroDigi.com | Minggu, 17 Mei 2009 | Sebuah pertanyaan yang sebenarnya semu, karena sejak kecil hampir setiap individu tahu manfaat dari olahraga. Jawaban singkat dari pertanyaan pada headline di atas adalah SUPAYA SEHAT.
Berikut ini saya akan menambahkan beberapa detail mengenai manfaat dari olahraga.

Pertama:
Kekebalan tubuh yang lebih tinggi, anda tidak akan mudah terkena penyakit.
Saat musim flu biasanya anda beberapa kali harus berdekatan atau kontak dengan penderitan flu. Olahraga dapat mencegah terjadinya penularan.

Kedua:
Olahraga dapat membuat tubuh anda lebih segar, dan tidak mudah lelah.
Terutama saat bangun tidur, anda akn merasa segar setelah beristirahat, hal ini tidak terjadi pada mereka yang tidak rutin berolahraga. Mereka yang tidak rutin berolahraga tidak mengalami rasa segar secara penuh setelah bangun tidur, ada saja rasa pegal yang masih tersisa, dan kadang masih tersisa rasa pening di kepala, yang seharusnya tidak muncul setelah beristirahat.
Anda juga menjadi tidak mudah lelah, meskipun aktivitas anda cukup tinggi. Metabolisme tubuh yang baik membuat pembakaran makanan menjadi energi menjadi optimal. Anda akan mendapatkan tenaga yang lebih dari cukup untuk menjalani aktivitas anda.

Ketiga:
Olahraga dapat membuat anda lebih awet muda.
Bila disertai dengan pengaturan pola makan yang baik dan menghindari kebiasaan negatif seperti kurang istirahat atau merokok, olahraga dapat membuat perbaikan sel tubuh yang rusak menjadi lebih optimal sehingga anda akan tampak lebih muda.

Keempat:
Olahraga menghindarkan anda dari stress
Seluruh penelitian yang meneliti hubungan antara olahraga dan stress, menunjukkan hasil yang serupa yaitu individu yang rutin berolahraga jauh dari kemungkinan terkena stress. Sehingga pada setiap rumah sakit, ataupun sarana pemulihan, yang ditujukan bagi penderita stress, selalu menyertakan olahraga sebagai bagian dari pengobatan.

Kelima:
Olahraga membuat anda menjadi invidu yang disiplin.
Kebiasaan olahraga, yang rutinitasnya membutuhkan disiplin dapat membuat anda menjadi terbiasa hidup teratur dan disiplin dalam berbagai aspek.

Keenam:
Olahraga memperindah tubuh anda.
Anda akan terhidar dari obesitas, karena konsentasi lemak dan kolesterol akan senantiasa terjaga. Tubuh anda juga tidak menjadi terlalu kurus, olahraga membuat nafsu makan anda meningkat dan produksi sel tubuh lebih optimal. Berat badan anda biasanya menjadi stabil dan selaras dengan perbandingan tinggi anda.

Sebagai catatan tambahan, perlu anda ingat bahwa tubuh kita BUTUH OLAHRAGA, tubuh anda tidak dapat berbicara kepada anda, tidak dapat memohon kepada anda, namun tubuh anda akan bereaksi dengan menimbulkan PEGAL, SAKIT, LEMAS, LESU, dan ekspresi tubuh lainnya, bila ekspresi tubuh, yang merupakan bahasa komunikasi tubuh kepada anda tidak ditanggapi, tubuh akan memberikan reaksi yang lebih serius, sehingga anda harus mengeluarkan banyak biaya dan mengorbankan waktu, untuk mengatasinya.
Jadi jangan tunda lagi . . . . ayo kita mulai berolahraga!!!

Comments :

0 comments to “Mengapa Kita Harus BerOLAHRAGA?”


Post a Comment