Sunday, May 3, 2009

Mengambil Manfaat dari Pengalaman


AstroDigi.com | Minggu, 3 Mei 2009 | Orang bijak berkata “belajarlah dari pengalamanmu”, namun orang yang lebih bijak berkata “belajarlah dari pengalaman orang lain”.
Agar pengalaman dapat menjadi sesuatu yang berharga untuk diambil hikmahnya, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk mengolah pengalaman sehingga dapat diimplementasikan kedalam tindakan nyata.

Pertama:
Ambil dan catat, moral dan point-point penting dari pengalaman tersebut.

Pengalaman baik maupun buruk, pengalaman diri sendiri maupun orang lain selalu mempunyai pesan moral dan point-point penting yang dapat diambil.


Kedua:
Analisa relevansi dan kemungkinan-kemungkinan dari setiap point yang kita catat.
Perbedaan waktu dan tempat kejadian mempengaruhi relevansi dan kemungkinan dari setiap point-point tersebut.
Point-point dari pengalaman mengenai keberhasilan seseorang di masa lampau, dan dalam kurun waktu yang cukup lama, bisa jadi tidak bisa lagi kita pergunakan di masa sekarang.
Pola pengelolaan usaha yang dilakukan seorang ayah yang sukses dalam bisnisnya, bisa jadi tidak bisa diterapkan lagi oleh anaknya, bisa jadi usaha menjadi gulung tikar karena ketiadaan inovasi baru, sehingga tidak mampu bersaing pada masa dimana persaingan jauh lebih ketat.

Ketiga:
Gali ide dan inovasi dari point-point yang masih relevan.

Keempat:
Implementasikan dalam kehidupan anda. Ide bagus yang dibiarkan terpendam di dalam pikiran anda tidak akan pernah memberikan hasil apabila tidak diimplementasikan.

Comments :

0 comments to “Mengambil Manfaat dari Pengalaman”


Post a Comment