Sunday, May 24, 2009

Manfaatkan fasilitas WIZARD dalam membuat tabel


AstroDigi.com | Minggu, 24 Mei 2009 | MICROSOFT ACCESS, dilengkapi dengan fasilitas wizard, untuk membantu user dalam mendesain aplikasi. Termasuk untuk mendesain tabel.
Sayangnya banyak programer tidak memanfaatkan failitas ini, perhatikan beberapa keuntungan memakai wizard dalam desain tabel.

Pertama:
Anda tidak perlu memikirkan field apa saja yang harus disediakan untuk suatu tabel terutama tabel master (induk).
Misalnya anda akan membuat tabel barang, anda cukup memilih product ( = barang/produk ), maka segala field yang berkaitan dengan barang sudah tersedia, anda boleh memilih semua atau memilih sebagian. Ya . . . anda tinggal memilih saja, mudah kan?

Kedua:
Pilihan data type (tipe/jenis datanya) tergolong bagus. Mana field yang seharusnya menggunakan tipe numerik, mana yang text dan mana yang boolean, sudah diatur, tanpa anda repot mendesainnya.

Ketiga:
Sudah tersedia Primary Key Field-nya. Pada desain yang benar setiap tabel harus dilengkapi dengan Primary Key, terutama bila anda menghubungkan tabel ke SQL server atau database server lainnya/

Keempat:
Bila anda akan mebuat aplikasi dalam bahasa Inggris, anda tidak perlu repot menterjemahkan setiap field, dan seperti anda tahu istilah teknis, seringkali sulit ditemukan terjemahannya di kamus.

Tips ini sebenarnya juga berlaku untuk Query, Form dan Report juga, akan tetapi hanya pada pembuatan tabel inilah manfaat wizard, dapat banyak membantu.

www.AstroDigi.com ( Nino Guevara Ruwano )

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...