Monday, May 4, 2009

Flu Babi (Swine Flu)


AstroDigi.com | Senin, 4 Mei 2009 | Belakangan ini penyakit flu babi (swine flu) menjadi penyakit yang hangat dan marak dibicarakan, kematian 149 korban penyakit flu babi di Meksiko, memicu kepanikan masyarakat mengenai munculnya penyakit flu generasi baru. Angka kematian ini akan terus bertambah mengingat masih banyak penderita yang sudah dalam kondisi akut.

Sebenarnya flu babi bukanlah penyakit baru, babi memang rentan terhadap flu, dan penyakit flu yang akut dapat mematikan babi. Pemerintah China pada tahun 2005 pernah mensosialisasikan secara besar-besaran perlunya vaksinasi untuk babi, mengingat babi adalah makanan favorit di China.

Penyakit flu babi yang muncul di Meksiko, dan sekarang telah menyebar ke Amerika dan penjuru dunia lainnya, baru-baru ini, bukanlah penyakit babi yang sama dengan penyakit flu babi yang sudah dikenal lama. 

Flu babi generasi baru ini adalah virus flu yang sudah bermutasi dengan flu burung dan flu manusia. Babi yang rentan terhadap flu dapat mengidap ketiga jenis flu tersebut sekaligus. Virus yang terkumpul dalam tubuh babai inilah yang kemudian bermutasi menjadi flu babi jenis baru yang lebih mematikan, dan masih belum ditemukan vaksinnya. 

Dan yang berbahaya adalah dapat menular pada manusia.
Waspadai Gejalanya Gejala pasien yang terkena flu babi ini mirip seperti flu biasa, hanya lebih parah, yaitu: Pilek, bersin-bersin, demam, sesak nafas, pusing, mual, muntah-muntah dan diare.

Pada penderita yang tampak gejala-gejala tersebut sebaiknya menghubungi rumah sakit yang sudah menyiapkan diri untuk menangani pasien flu babi. Penanganan dini diharapkan dapat menyelamatkan pasien dari kematian.

Mencegah Agar Terhindar dari Serangan Flu Babi
 
Pertama:
Cuci tangan sebelum makan, minum, dan melakukan kontak terhadap bagian wajah terutama mulut dan hidung. Tindakan ini diharapkan dapat menghindari kontaminasi.

Kedua:
Kenakan masker atau tutup, mulut dan hidung anda dengan sapu tangan, di tempat-tempat, dimana anda tidak dapat menghindar dari orang lain yang bersin, seperti di kendaraan umum, lift, keramaian padat, dan lain sebagainya.

Ketiga:
Lakukan olahraga yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Sebarluaskan penjelasan ini mudah-mudahan anda dapat membantu orang lain agar terhindar dari penularan penyakit berbahaya ini.

Comments :

0 comments to “Flu Babi (Swine Flu)”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...