Friday, July 3, 2015

Berbagi Pengalaman .. Diet "Makan Sekali Sehari"

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 3 Jul 2015 | Tulisan kali ini adalah sedikit ulasan dan "sharing" dari saya yang terkait dengan diet yang saya jalani. Diet yang saya maksudkan lebih kepada pengaturan pola makan, baik dari segi kuantitas (jumlah asupan) maupun dari segi kualitas (pilihan makanan).

Target sesungguhnya dari diet adalah untuk mencapai tingkat kesehatan maksimal, sehingga dengan cara itu segala penyakit akan menjauh dan membuat saya tampil lebih segar dan jauh lebih muda dibandingkan rekan-rekan sebaya saya.

Sama seperti yang dirasakan setiap orang yang memulai diet, mengurangi porsi makanan terasa sebagai sesuatu yang menyiksa dan mengurangi kenikmatan hidup. Apalagi saya sudah terbiasa dengan porsi makan dalam jumlah besar dalam menua harian saya. Dalam sehari saya bisa menyantap 6 sampai 12 porsi makanan, belum lagi ditambah dengan berbagai jajanan.

Maka diet saya awali dengan memperkecil porsi makan. Jadi makan tetap 3 kali sehari tapi hanya 1/2 piring nasi. Dua minggu kemudian, menjadi 2 kali sehari 1/2 piring. Dan sebulan kemudian menjadi sekali sehari 1 piring.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, pola makan sekali sehari yang awalnya terasa berat untuk dijalani. Malah menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Saya sekarang menjadi tidak nyaman lagi bila harus makan lebih dari sekali sehari.

Setelah menjalani pola makan sekali sehari selama 3 bulan, saya mulai meninggalkan menu daging. Meski bukan 100% vegetarian, tapi saya memperbanyak konsumsi sayuran ketimbang daging.

Dan ternyata .. setelah 3 bulan terbiasa makan dengan mayoritas sayur mayur membuat saya menjadi terbiasa makan sahur, dan pada saat makan daging ada rasa bersalah didasar hati.

Setelah menjalani keseharian dengan makan mayoritas sayur ini, malah membuat daging terasa kurang nikmat lagi di lidah, dan juga tidak enak di perut. Setiap kali makan menu berdaging perut menjadi terasa panas.

Ada mitos keliru yang terbenam dalam pikiran saya, yang kemudian terbukti salah, pada saat diet yaitu:

1. Rasa takut kelaparan
Diet hanya terasa berat di "pikiran" saja bukan di kenyataan.
Ada rasa takut akan kelaparan yang muncul dari pikiran saya saat memulai diet. Tetapi setelah saya jalani, ternyata rasa lapar itu hilang dengan sendirinya setelah puasa menjadi kebiasaan.

2. Rasa takut kurus
Mirip seperti rasa takut kelaparan, ada kekhawatiran bahwa tubuh akan kurus kering kalau asupan makanan hanya sekali sehari. Ada kekhawatiran bahwa saya akan sulit menjaga kebugaran tubuh dan kekekaran otot yang sudah terbentuk.

Pada kenyataannya, makan sekali sehari saja tidak membuat saya menjadi kurus bahkan berat badan praktis masih sama dengan pada saat porsi makan saya masih banyak.

3. Rasa takut lemas
Asupan makan yang hanya sekali sehari, apalagi kalau kebetulan kandungan nutrisi yang saya makan tidak tinggi, membuat saya khawatir bahwa tubuh ini akan kekurangan energi karena asupan kalori yang kurang.

Pada kenyataannya, dalam menjalani berbagai aktifitas fisik, bisa dikatakan tenaga dan stamina saya malah lebih besar dibandingkan rekan-rekan sekerja saya. Bahkan bila harus dibandingkan dengan rekan-rekan yang puluhan tahun lebih muda dibanding saya.

Makanan yang didominasi oleh sayuran ternyata tidak mengurangi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saya.
----------------------------------------

Jadi .. bagi pembaca yang coba untuk memulai diet, 3 mitos keliru yang sudah saya buktikan tidak sesuai kenyataan mungkin bisa disingkirkan dari pikiran, dan singkirkan keraguan untuk memulai diet.

Namun perlu juga diketahui, mungkin juga ada hal-hal tertentu yang membuat diet saya terasa ringan adalah:
1. Saya terbiasa berolahraga setiap hari secara teratur.
2. Saya menjalani latihan pernafasan dan stretching ringan.
3. Terbiasa berpikir positif dan jauh dari stress.
----------------------------------------

Jadi ada kemungkinan juga bahwa 3 hal diatas turut menjadi faktor penentu bagi kemudahan diet yang saya jalani saat ini.

Semoga "sharing" ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi pembaca yang ingin menjalani diet. Have a nice day .. :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)