Monday, June 1, 2015

2 Hal Utama Yang Harus Anda Pelajari Dari Kompetitor Anda!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 1 Juni 2015 | Menjalankan sebuah usaha memang tidak mudah, untuk membuat agar usaha yang kita buat senantiasa eksis maka salah satu caranya adalah dengan mempelajari kompetitor anda. Apapun bisnis yang anda bangun pasti ada kompetitor diseputar bisnis anda yang mengurangi porsi penjualan anda, pelajarilah mereka!

Mulailah dengan memilih "pemain terkuat" pada bisnis yang sedang anda geluti sekarang, apabila dalam bisnis anda ternyata usaha anda yang terkuat maka pilihlah "pemain kedua terkuat" dibisnis anda saat ini.

Apa Saja Yang Harus Kita Pelajari Dari Kompetitor Kita?

1. Keunggulan mereka:
Tentu ada keunggulan yang dimiliki kompetitor tersebut yang membuat pelanggan bisa memilih untuk membeli produk mereka. Pelajari dengan baik keunggulan mereka, apakah cara pelayanannya, apakah lokasi usahanya, apakah harga jual produknya, atau apa saja yang menjadi keunggulan mereka catatlah!

Dengan mengetahui keunggulan mereka maka anda bisa mulai melakukan pembenahan agar paling tidak anda bisa membuat produk anda setara, atau apabila mungkin menjadi lebih baik dari kompetitor anda.

2. Kelemahan mereka:
Tentu ada kelemahan kompetitor yang membuat masih ada pelanggan yang tidak membeli produk dari mereka, catat dengan baik segala kelemahan kompetitor anda.

Mengetahui kelemahan kompetitor membuat kita mampu untuk lebih waspada agar kesalahan yang mereka lakukan tidak kita lakukan.

Gunakanlah pengetahuan yang anda miliki dari kompetitor terkuat anda sebagai bahan untuk menyusun rencana pemasaran dan rencana kerja anda. Perhatikan apa yang mereka lakukan sehari-hari sebagai acuan untuk menentukan rencana kerja harian anda. Gunakan data penjualan mereka sebagai bahan untuk menyusun rencana perbaikan mutu produk anda.

Demikian share bisnis untuk hari ini, semoga bermanfaat .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)