Thursday, June 11, 2015

5 Hal Yang Saya Lakukan Untuk Menurunkan Kolesterol

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 11 Jun 2015 | Pada minggu ke 4 bulan April 2015 lalu, saya merasakan adanya rasa berat yang seolah membebani pundak saya, dan ditambah dengan rasa pening yang tidak kunjung reda dikepala saya. Tentu saja hal ini sangat mengurangi kenyamanan saya dalam menjalani aktifitas harian saya baik dikantor maupun dirumah.

Pada tanggal 2 Mei 2015, kemudian saya melakukan pengecekan terhadap kadar kolesterol saya, karena berdasarkan pengalaman saya biasanya rasa pening yang tidak kunjung reda biasanya berasal dari tingginya kadar kolesterol dalam darah. Dan ternyata hasil pengecekan cukup mengejutkan saya yaitu: 275mg/dl!! Dimana seharusnya kadar kolesterol normal seharusnya dibawah 200mg/dl.

Maka mulai dari hari itu juga saya langsung mencanangkan program penurunan kadar kolesterol (tentunya yang dimaksud adalah kadar kolesterol buruk atau LDL) dalam darah. Dan hasilnya dalam 2 minggu kadar kolesterol saya turun menjadi: 204mg/dl, dan pada saat saya melakukan pengujian darah lagi 2 minggu berselang setelah pengujian sebelumnya (yang berarti sebulan dari saat saya mendapati kolesterol saya tinggi), hasil pengujiannya adalah: 172mg/dl!! Yesss!!

Berikut ini saya share, kiat-kiat yang saya lakukan untuk menurunkan kolesterol secara natural (tanpa obat medis penurun kolesterol), ada 5 hal penting yang senantiasa saya jalani dalam keseharian saya, yaitu:

1. Minum Air Putih Yang Cukup
Biasanya setelah bangun pagi saya meminum 2 gelas air putih, dan bersamaan dengan berlangsungnya berbagai aktifitas pagi saya minum lagi 3 gelas air putih lagi. Jadi total saya meminum 5 gelas air putih dipagi hari. Dengan ukuran gelas 330ml, maka 5 gelas air putih yang saya minum memberika suplai air putih total lebih dari 1,5liter setiap pagi.

2. Makan Havermut (Oatmeal/Bubur Gandum)
Sebelum berangkat kekantor saya sempatkan untuk menyantap 3 sendok havermut yang saya campur dengan susu sebagai pengganti sarapan. Dan selain itu tidak ada lagi sarapan pagi.

3. Makan Sekali Sehari
Untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan juga sekaligus untuk membuat berat badan menjadi ideal, saya hanya makan sekali sehari. Biasanya saya pilih waktu makan pada sore hari atau sekaligus malam hari. Apapun pilihan waktunya entah sore atau malam, tetap saja hanya SEKALI sehari saya makan.

4. Makan Bawang Putih
Sebagai pelengkap makanan saya biasanya menambahkan suplemen berupa kapsul ekstrak bawang putih, sebagai pengganti bawang putih asli. Menyantap bawang putih dalam bentuk kapsul suplemen, tentu lebih memudahkan daripada menyantap bawang putih asli. Ditambah lagi bawang putih asli meninggalkan bau mulut dan bau keringat yang tidak mudah hilang.

5. Olahraga
Ini adalah aktifitas yang memang rutin saya lakukan sejak masih remaja sampai sekarang. Saya biasanya melakukan aerobik ringan, pemanasan tubuh lengkap dari kepala hingga kaki. Dan dalam melakukan aktifitas harian saya juga senantiasa memperbanyak jalan kaki.

Meskipun kolesterol saya sudah terbukti membaik tapi segala aktifitas positif yang sudah terbentuk tetap berlanjut hingga tulisan ini diturunkan. Dan sebagai catatan tambahan: aktifitas yang saya lakukan diatas juga menurunkan bobot tubuh saya dari 81Kg menjadi 76Kg, dalam kurun waktu 1 bulan, yaaah .. lumayan lah :-)

Semoga sharing dari pengalaman saya ini berguna bagi para pembaca sekalian. Akhir kata, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)