Sunday, December 7, 2014

3 Manfaat Utama Merapihkan Manajemen Usaha Anda

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 7 Des 2004 | Anda seorang pelaku usaha, atau anda seorang senior officer disebuah kantor? Bila jawaban anda "ya", tentu anda tidak asing dan akrab dengan istilah manajemen. Manajemen adalah tatacara untuk mengelola perusahaan dengan cara yang membuat semua individu yang terlibat didalamnya menjadi nyaman dalam bekerja.

Meskipun merupakan pilar terpenting dalam menentukan laju dan kelancaran usaha namun kerapihan manajemen seringkali malah tidak mendapatkan perhatian utama dari para pelaku usaha ataupun para manajer di tempat kerja. Sehingga seringkali kelancaran usaha terhambat oleh berbagai hambatan yang kadang merupakan masalah sepele, dan tidak seharusnya menjadi masalah.

Dalam pengalaman saya dalam mengelola usaha seringkali saya mendapatkan pertanyaan yang kalau disederhanakan adalah: "Apa sih manfaat pembenahan manajemen?" atau "kalau perusahaan saya sudah untung, apa masih perlu pembenahan manajemen?" atau semacam statemen "buat saya ukuran keberhasilan usaha adalah kelancaran produksi, kalau produksi lancar maka uang masuk . . simple . . buat apa lagi manajemen?"


Sebenarnya inti dari manajemen adalah tata kelola usaha, jadi disadari atau tidak, sebenarnya tidak ada satu usaha pun yang tanpa manajemen. Hanya saja mungkin dapat dibedakan antara perusahaan dengan manajemen yang baik dan rapi, dengan perusahaan dengan manajemen yang buruk dan berantakan.

Jadi kalau ada statemen yang menyatakan: "saya menjalankan usaha ini tanpa manajemen", sesungguhnya adalah statemen yang keliru, mungkin akan lebih tepat kalau yang bersangkutan mengganti dengan kalimat: "saya tidak menjalankan manajemen yang rapi pada usaha saya".

Kembali kepada sederetan pertanyaan diatas, yang menanyakan manfaat dari pembenahan manajemen, maka akan saya jelaskan disini 3 manfaat utama dari pembenahan manajemen (ada puluhan bahkan mungkin ratusan manfaat lain, namun saya akan jelaskan 3 manfaat yang paling utama secara garis besarnya):

1. Menciptakan kenyamanan bekerja
2. Menurunkan ketergantungan terhadap individu tertentu
3. Meningkatkan keuntungan perusahaan


Saya akan jabarkan secara lebih detail ketiga manfaat tersebut:

Menciptakan Kenyamanan Bekerja

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebanyakan stress datang dari masalah di tempat kerja, intensitas stress biasanya lebih tinggi pada masyarakat perkotaan, karena pada umumnya tingkat kebutuhan akan kecepatan hasil kerja dan kualitas kerja lebih tinggi, maka efek sampingnya adalah . . stress!

Manajemen yang baik dan rapi akan membuat koordinasi dan delegasi kerja antar lini ataupun antara bawahan dengan atasannya menjadi lebih jelas. Tidak ada tanggung jawab yang "blur" antara masing-masing pekerja. Bila terjadi masalah akan menjadi jelas siapa yang harus bertanggung jawab dan perencanaan solusinya menjadi lebih ringkas dan sederhana.

Manajemen yang baik dan rapi akan membuat setiap individu merasa jelas bahwa "porsi" kerjanya sudah selesai dan sekarang sudah menjadi "porsi" dari individu atau bagian lain. Hal ini tentu akan menciptakan kenyamanan dalam bekerja, dan bila itu dirasakan oleh seluruh pekerja maka lingkungan kerja yang nyaman akan tercipta.


Menurunkan Ketergantungan Terhadap Individu Tertentu

Dalam membenahi beberapa perusahaan saya seringkali mendapat ada perusahaan yang memiliki ketergantungan yang kuat terhadap indvidu tertentu (biasanya ketergantungan terhadap owner/founder/pemilik perusahaan).

Artinya, perusahaan tidak akan berjalan lancar bila individu tersebut tidak dalam performa prima. Atau perusahaan akan "stuck" apabila individu tersebut tidak ada dalam perusahaan. Atau perusahaan baru lancar bila individu tersebut hadir dan bekerja secara optimal.

Misalnya:
1. Penjualan turun bila individu tertentu tidak ikut dalam proses penjualan
2. Laba per penjualan turun bila individu tertentu tidak terlibat dalam penentuan harga.
3. Bila individu tersebut sedang sakit atau cuti atau berlibur maka banyak pekerjaan menjadi tertunda atau bahkan bisa terhenti sama sekali.
4. Banyak pekerjaan tidak bisa terselesaikan bila individu tertentu tidak disertakan.
5. Dan lain lain semacamnya . . . (tentu masih banyak lagi contoh lain)


Nah . . . dari contoh-contoh tersebut, seharusnya setiap pelaku usaha akan merasa janggal bila "mati/hidup" nya perusahaan bukan ditentukan oleh team atau sekelompok pekerja tapi oleh salah satu individu tertentu. Usaha yang sehat adalah usaha yang kebal terhadap ketergantungan individu tertentu.

Manajemen yang rapi akan membuat sebuah struktur dan sistem kerja yang lebih bergantung kepada "teamwork" (kerjasama tim) dan bukan kepada "individual performance" (performa individu), sehingga contoh-contoh buruk diatas bisa dihindarkan.


Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Yah . . last but not least. . tentunya setiap target dari pembentukan usaha adalah untuk meraih keuntungan. Dengan lingkungan kerja yang nyaman, cashflow yang lancar dan teman-teman kerja yang menyenangkan, maka produktivitas kerja secara keseluruhan akan meningkat, dan pada akhirnya tentu meningkatkan kapasitas hasil kerja perusahaan.

Peningkatan keuntungan akan datang dari tambahan pemasukan dan dari efisiensi kerja secara keseluruhan dari para pelaku bisnis. Kerja tepat waktu, penyelesaian kerja lebih cepat, kualitas kerja lebih baik, dan hal-hal positif lain yang menguntungkan perusahaan akan tercipta.


Nah . . dari penjelasan diatas tentu bisa dipahami bahwa pembenahan dan perapihan manajemen merupakan suatu hal yang sangat menentukan performa perusahaan. Dan perusahaan yang baik akan secara konsisten dan terus menerus meningkatkan dan memperbaiki manajemennya, hingga semakin baik dan terus semakin baik dari hari ke hari.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat berkarya . . have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

miami dolphins jerseys, http://www.miamidolphinsjersey.com/
louis vuitton handbags, http://www.louisvuittonhandbagsoutlet.co.uk/
true religion jeans, http://www.truereligionjean.in.net/
oakland raiders jerseys, http://www.oaklandraidersjerseys.us/
louis vuitton, http://www.borselouisvuittonoutlet.it/
new york giants jerseys, http://www.newyorkgiants.us/
indianapolis colts jerseys, http://www.indianapoliscoltsjersey.us/
coach handbags, http://www.coachhandbagsoutletonline.us.com/
michael kors handbags,michael kors outlet,michael kors outlet online,michael kors,kors outlet,michael kors outlet online sale,michael kors handbags clearance,michael kors purses,michaelkors.com,michael kors bags,michael kors shoes,michaelkors,cheap michael kors
ysl outlet store, http://www.ysloutletonline.com/
louis vuitton bags, http://www.louisvuittonbag.us.com/
coach outlet store, http://www.coachoutletcanada.com.co/
canada goose sale, http://www.canadagoose.us.org/
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescanada.com/
louis vuitton outlet online, http://www.louisvuitton.in.net/
ralph lauren uk, http://www.ralphlauren-outletonline.co.uk/
iphone 6 plus cases, http://www.iphonecase.name/
longchamp outlet online, http://www.longchampoutlet.name/
tory burch outlet, http://www.toryburchoutletonline.in.net/
san francisco 49ers jerseys, http://www.sanfrancisco49ersjerseys.us/
barcelona jersey, http://www.barcelonajerseys.net/
kk0915

Unknown said...
on 

Post a Comment