Wednesday, November 19, 2014

Sit Up Tidak Membawa Hasil? Lakukan 3 Kebiasaan Ini!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 19 Nov 2014 | Apakah anda termasuk seseorang yang rutin melakukan sit up, namun setelah menjalani rutinitas sit up dalam kurun waktu cukup lama namun perut anda belum juga tampak rata atau bahkan belum sixpacks? Atau mungkin anda ingin memulai rutinitas untuk meratakan perut, namun belum tahu apa saja yang harus dilakukan agar tujuan untuk meratakan perut ini segera terwujud?

Perut bisa terbentuk menjadi sixpacks atau setidaknya tidak membuncit bila anda rajin melakukan latihan pembentukan otot-otot perut dan juga menjalani rutinitas yang tidak membuat perut mudah membuncit kembali. Tanpa usaha yang benar latihan anda akan menjadi sia-sia atau setidaknya membuat tujuan anda terwujud lebih lama.

Banyak teman maupun kolega kerja yang menanyakan kepada saya, bagaimana saya bisa menjaga perut saya bisa senantiasa sixpacks dari waktu ke waktu, padahal kesibukan kerja dan kegiatan lain yang saya jalani cukup menyita waktu. Kuncinya sebenarnya adalah pada peng-optimal-an latihan dengan membuat kebiasaan-kebiasaan yang menunjang latihan.

Berikut ini adalah 3 kebiasaan yang harus dibiasakan sebelum memulai rutinitas pembentukan otot-otot perut:

1. Makan maksimal 2 porsi dan dalam porsi yang normal

Makan adalah kebutuhan pokok dari setiap manusia, dengan makan seseorang akan memperoleh sumber dari tenaga dan pertumbuhan bagi dirinya. Namun makan yang berlebihan sama dengan menumpuk sampah yang berupa sisa-sisa makanan yang tidak habis terolah oleh tubuh.

Sebaiknya anda memilih makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan makanlah dalam jumlah yang secukupnya. Berdasarkan pengalaman, sebaiknya anda hanya menyantap 2 porsi makanan saja setiap harinya, sehingga diharapkan pasokan makanan kedalam tubuh anda tidak melebihi kebutuhan tubuh anda sendiri.

Selain makanan, minuman pun juga tidak boleh terlalu banyak, karena volume makanan atau minuman yang tersimpan dilambung anda akan menentukan pula volume dari lambung anda, bila lambung anda melar maka secara alami ia akan "meminta" lebih banyak pasokan

Jadi dengan makan banyak, akan terbentuk semacam rantai masalah yang sulit diputuskan. Dengan volume lambung besar, anda ingin makan banyak, dan dengan makan banyak, maka lambung anda akan membesar. Akan semakin jauhlah anda dari target untuk meratakan perut nantinya. Jadi membatasi jumlah makanan ini merupakan sebuah awalan yang PENTING.


2. Membiasakan lari, jalan cepat atau naik tangga

Sebenarnya yang dimaksudkan disini adalah latihan cardio, nah . . latihan cardio yang gampang dan murah meriah diantaranya adalah lari, jalan cepat dan naik tangga. Lari adalah jenis latihan cardio yang paling efektif membakar lemak. Lari juga mampu menguatkan stamina anda sampai 300%. Sayangnya tidak semua lokasi ideal untuk melakukan latihan lari (jogging).

Udara penuh asap dan debu di kota-kota besar membuat banyak lingkungan kota besar menjadi lokasi yang kurang tepat untuk jogging. Sebagai alternatif banyak orang yang membeli treadmill agar bisa melakukan kegiatan lari secara indoor. Namun tentu saja berlari diatas treadmill mempunyai sensasi yang berbeda dengan berlari dialam terbuka, udara sejuk dan pemandangan alam, sulit tergantikan dengan suasana dalam ruangan (indoor).

Jalan cepat merupakan alternatif bagi anda yang tidak punya cukup waktu untuk berlari. Anda bisa menggantikan jalan kecepatan normal anda dengan jalan cepat. Anda bisa lakukan kapanpun saat anda berjalan, baik saat sedang berjalan-jalan di mall, baik saat berjalan dari satu lokasi menuju lokasi lain, mengantar anak/teman/keluarga, dan lain sebagainya.

Naik tangga, juga mampu meningkatkan stamina anda, bahkan lebih baik daripada lari jarak dekat dan dengan kecepatan normal. Naik tangga juga mampu memberikan peningkatan pertumbuhan otot kaki yang lebih cepat daripada jogging. Latihan ini ideal untuk anda yang tinggal di apartemen ataupun bangunan bertingkat lainnya. Anda bisa menggantikan penggunaan fasilitas lift dengan naik tangga. Saat menuruni tangga meskipun juga mempunyai nilai cardio, namun tentu tidak setinggi nilai cardio saat naik tangga.

Ketiga kebiasaan diatas tersebut (lari, jalan cepat, naik tangga) mampu membantu anda membakar lemak yang menumpuk terutama di perut dan pinggang anda, sehingga menjadi pondasi awal dan penunjang yang sangat baik bagi latihan untuk meratakan perut anda.


3. Duduk tegak

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa duduk tegak akan membantu agar otot-otot perut dan lambung berada pada posisi yang tepat. Tepat untuk kelancaran pencernaan, tepat untuk kelancaran peredaran darah, dan secara keseluruhan menjadi tepat untuk kebaikan metabolisme tubuh, khususnya bagian perut dan lambung.

Duduk tidak tegak alias membungkuk, selain tidak indah bila dipandang juga mempunyai efek negatif terhadap kelancaran darah dan pencernaan, karena pada posisi tersebut perut menjadi terlipat dan lambung menjadi terhimpit, sudah tentu ini akan membuat kelancaran proses pencernaan akan menjadi terganggu.

Jadi bila anda memang berencana untuk secara rutin melakukan latihan untuk meratakan perut sebaiknya anda membiasakan diri untuk selalu duduk dalam posisi tegak. Kelancaran metabolisme tubuh dibagian perut akan membantu anda mempercepat proses pembangunan otot perut dan juga kesehatan organ tubuh disekitar perut.

--------------------------------------

Demikian 3 tips singkat, untuk membantu anda yang ingin memiliki perut rata atau sixpacks, semoga dengan perbaikan rutinitas sesuai dengan saran diatas, usaha anda untuk mewujudkan target anda menjadi lebih maksimal.
Akhir kata, semoga tips diatas bermanfaat bagi anda, selamat mencoba . . have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

Thank you for your post quality articles and may be useful for many people.
Pengobatan Asma

Kang Nurul Iman said...
on 

Post a Comment