Saturday, March 16, 2013

12 Tips Memilih HP Android

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 16 Mar 2013 | Setelah era dominasi Blackberry mulai memudar di pasaran HP (handphone), pasar smartphone saat ini mulai disesaki oleh berbagai variasi dan merk HP berbasis Android. OS (operating system) besutan Google ini belakangan makin menuai sukses sebagai OS favorit pengguna smartphone.

Bagaimana memilih HP Android yang sesuai dengan kebutuhan anda? Coba ikuti 12 tips berikut ini untuk membantu anda menentukan pilihan HP Android yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda.
Berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan:
www.AstroDigi.com
1.Layar (display)
Untuk anda yang perlu menggunakan HP anda untuk keperluan multimedia, seperti pengolahan gambar, musik dan film, maka pilih ukuran layar berukuran 5” atau lebih. Ukuran layar yang lebar akan menambah kenyamanan anda dalam menikmati hiburan multimedia yang anda simpan di HP anda.

Namun untuk pengguna HP yang lebih banyak menggunakan HP-nya untuk sekedar menelepon, dan fungsi multimedia yang dimanfaatkan kebanyakan hanya sebatas mendengarkan musik saja, sebaiknya memilih HP dengan layar 4” atau lebih kecil dari itu.
Ukuran layar yang kecil akan memudahkan anda dalam menyimpan HP anda baik disaku maupun tas. Dan ukuran kecil ini juga lebih nyaman dalam genggaman saat anda menelepon.

Abaikan resolusi layar, bila anda memang tidak benar-benar membutuhkan tampilan prima dilayar HP anda. Karena HP dengan layar resolusi tinggi tentu juga mempunyai harga jual yang lebih tinggi.

2.Batere
Kapasitas penyimpanan pada batere biasa dinyatakan dalam satuan mAh (milli ampere per hour). Sebuah batere dengan ukuran 1 milli ampere hour berarti, bila pemakaian arusnya 1 mA, maka batere akan bertahan selama 1 jam, bila pemakaian arusnya 0,5 mA, maka batere akan bertahan selama 2 jam, bila pemakaian arusnya 10 mA maka batere hanya bertahan selama 6 menit saja.

Makin besar nilai mAh batere maka makin besar kapasitas batere, yang berarti waktu aktif HP akan semakin lama.
Karena semua smartphone memang rakus akan daya listrik maka sebaiknya anda memilih HP dengan nilai mAh diatas 1500 mAh. Makin besar tentunya akan semakin baik.

3.Prosesor (processor)
Prosesor merupakan istilah kependekan dari mikroprosesor (microprocessor), adalah komponen inti dari smartphone, dia ibarat seperti “otak” bagi smartphone. Kecepatan mengolah data pada HP Android sangat ditentukan oleh prosesor ini.
Satuan kecepatan kerja dari prosesor dinyatakan dalam satuan Mhz (mega hertz) yang menyatakan berapa juta eksekusi digital yang bisa dilakukan dalam satu detiknya.

Perlu anda ketahui bahwa kecepatan kerja ini berbanding lurus dengan penggunaan daya listrik, yang berarti makin tinggi kecepatan makin boros pemakaian daya listriknya, makin cepat habis isi baterenya.

Maka bila anda bukan pengguna yang terlalu tergantung pada kecepatan kerja aplikasi yang anda tanamkan pada Android anda, sebaiknya memilih prosesor dengan kecepatan 850 Mhz atau kurang dari itu.

Namun bila anda membutuhkan kecepatan kerja dari aplikasi yang anda tanamkan pada Android anda, maka sebaiknya anda pilih prosesor dengan kecepatan 1 Ghz (=1000 Mhz) atau yang lebih tinggi lagi kecepatannya.

4.Kamera
Saat ini kebutuhan akan kamera pada HP seolah sudah menyatu dengan kebutuhan HP itu sendiri. Untuk anda yang menginginkan hasil jepretan terbaik, sebaiknya memilih kamera yang memiliki fasilitan “auto focus”.
Fasilitas ini akan membuat anda dapat memotret objek dengan lebih baik dan juga dapat memotret dokumen dengan semua tulisan terbaca jelas.

Fasilitas kamera depan, mutlak anda butuhkan bila anda menyukai “live chat” atau “video chat”. Kamera depan ini juga sangat membantu untuk anda yang gemar bercermin.

Flash light tidak mutlak anda butuhkan, kecuali anda sering melakukan pemotretan di lokasi yang kurang cahaya.

5.Dual SIM
Bila anda memiliki lebih dari satu nomor celular, sebaiknya anda memilih HP Android dengan fasilitas dual SIM. Saat ini tersedia HP dual SIM GSM-GSM maupun HP dual SIM GSM-CDMA. Anda bisa memilih sesuai dengan nomor dan provider yang anda miliki.

Untuk HP Android dengan fasilitas dual SIM, pastikan bahwa kedua SIM tersebut dapat difungsikan sebagai data source (sumber untuk terhubung ke internet). Karena banyak HP Android dual SIM yang hanya mampu menyediakan salah satu SIM yang terpasang saja sebagai data source, sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih.

6.RAM (random access memory)
RAM atau internal memory, biasanya disebut dengan “memory” begitu saja dikalangan penjual, adalah komponen yang didalam sistem pengolahan data digital berfungsi sebagai pengangkut data. Semakin besar kapasitas angkutnya, maka semakin banyak data yang bisa diangkut per detiknya, maka semakin cepat selesai suatu proses digital.

Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan MB (mega byte). Makin besar kapasitas makin baik, karena berarti makin cepat kerja HP nya. Dalam memilih HP usahakan memory-nya berukuran 1 GB (=1000 MB) atau lebih.
HP dengan ukuran memory dibawah itu akan bekerja terlalu lambat.

7.External Memory (SD Card)
Selain internal memory, umumnya setiap smartphone dilengkapi dengan slot untuk SD Card, sebuah kartu mungil yang berfungsi untuk menyimpan data. Ukuran data yang sekarang umum digunakan biasanya dinyatakan dalam satuan GB (giga byte). Semakin besar nilainya, berarti semakin banyak data yang bisa tersimpan.

Dipasaran terdapat pilihan ukuran yang biasanya bisa diformulasikan dengan rumus n pangkat 2, yaitu: 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB hingga 64 GB.
Pilihlah HP yang memiliki kemampuan membaca external hingga setidaknya 16 GB.
Ukuran ini membuat anda mampu menyimpan banyak file gambar, musik, film, dan juga data-data kerja anda.

8.Keyboard
Saat ini kebanyakan HP Android sudah menggunakan touchscreen (layar sentuh), sebagi media untuk mengetik. Bagi anda yang gemar melakukan chat, atau tergolong user yang sering sekali mengetik di HP sebaiknya anda memilih HP Android yang memiliki keyboard agar kesalahan pengetikan dapat diminimalisir. Dan tentu saja pilih keyboard dengan interface QWERTY.

Namun kini juga sudah ada solusi untuk pemilik HP Android non keyboard. Dengan tersedianya banyak pilihan external keyboard di pasaran, user bisa melakukan pengetikan dengan bantuan external keyboard tersebut. Namun tentu saja dari segi kepraktisan, masih lebih enak HP dengan keyboard yang sudah menyatu.

9.Kepekaan Touchscreen
Kepekaan touchscreen pada setiap HP Android berbeda-beda. Sekarang ini banyak beredar HP Android dengan kepekaan yang dibawah standar. Kepekaan dibawah standar ini bisa juga terlalu peka, sehingga setiap kali jari melintas dekat diatas layar maka seolah terjadi sentuhan pada layar. Atau bisa juga kurang peka, sehingga penekanan pada layar harus agak keras. Atau banyak juga yang koordinatnya tidak cocok dengan objek yang kita tekan, ini yang paling banyak terjadi.

Untuk mengujinya, anda bisa membuat tangan anda sedikit lembab, kemudian tampilan layout keyboard dilayar. Coba anda tekan tombol-tombol huruf yang ada dibagian tepi-tepi layar, misalnya huruf Q, A, Z atau tombol backspace, shift, atau enter.

Bila yang tombol yang anda tekan dengan karakter yang muncul atau fungsi yang muncul berbeda, berarti, touchscreen-nya tergolong dibawah standar. Anda juga bisa coba menempelkan layar ke telinga anda, apabila ada icon atau tombol yang seolah tertekan (terpencet) saat layar menempel ke telinga berarti kepekaan touchscreen dibawah standar, setting yang terlalu peka bisa berakibat koneksi (pembicaraan) terputus saat anda menempelkan HP ke telinga. 

10.Headphone Jack (Audio Out Jack)
Ada beberapa HP Android yang masih menggunakan USB Jack yang biasanya juga digunakan untuk charging, sebagai interface untuk headset maupun headphone. Anda sebaiknya memilih HP Android yang memiliki Headphone Jack yang terpisah sehingga anda bebas memasangkan headset atau headphone atau sambungan ke speaker aktif anda sembari anda melakukan charging.

11.Internal Compass
Pilih HP Android yang memiliki internal compass, kemampuan ini membuat semua aplikasi navigasi, seperti Google Maps, Android GPS, Latitude, Android Compass, Qibla (penunjuk arah kiblat), mampu berfungsi dengan baik. Untuk mengujinya pastikan aplikasi compass terinstal pada HP Android, dan lihat apakah jarum penunjuk kompas benar menunjuk ke utara, meskipun posisi HP diputar-putar.

12.Internal TV
Untuk user yang tidak ingin tertinggal acara TV favorit atau pertandingan bola atau sinetron kesayangan, sebaiknya memilih HP Android yang sudah dilengkapi internal TV.

Dan akan lebih baik lagi apabila memilih HP Android ber-TV yang mempunyai fasilitas untuk merekam acara TV tersebut, sehingga saat anda berhalangan untuk menyaksikan langsung suatu acara TV, maka anda bisa merekamnya.

Demikian 12 tips untuk memilih HP Android, semoga hal ini dapat membantu anda dalam memilih HP Android sesuai dengan keinginan anda.
Semoga tips ini bermanfaat untuk anda . . have a nice day :)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

5 comments to “12 Tips Memilih HP Android”

semogha bisa bermanfaat dalam memilih hp android

agen sbobet said...
on 

Thanks gan bermanfaat bnget

Unknown said...
on 

Nice Info Gan. Keep Posting. Bermanffat nich Utk NEwBie Dunia Techno KAya Ane

Ran - Berbagi Info said...
on 

Benar gan, yang paling penting adalah keybord qwerty dan kamera kalo buat saya. Mungkin bisa ditambahkan tipsnya yaitu: pilihlah HP yang sesuai dengan kebutuhan anda. Karena bagi saya yang gemar memotret, jelas saya akan mencari HP dengan megapixel yang bagus dan tinggi, namun belum tentu kebutuhan orang lain sama.. Anyway thankyou infonya gan!

Saswi - Handphone Terbaru said...
on 

Wah maaf di atas, comment saya hilang..

Menurut saya betul banget sama yang agan bilang. Buat saya pribadi yang paling penting adalah keybord qwerty dan kamera dengan megapixel yang tinggi karena saya seorang penggemar fotografi. Mungkin bisa ditambahkan tipsnya agar memilih hp sesuai kebutuhan. Anyway thank you for the info!

Saswi - Hanphone Terbaru said...
on 

Post a Comment