Saturday, April 2, 2011

Perbandingan antara NTFS dan FAT


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Sabtu, 2 Apr 2010 | Sejak lahirnya sistem operasi (operating system) Windows NT, Microsoft memperkenalkan format baru bagi ruang hard disk yaitu NTFS (New Technology File System). Banyak juga siswa AstroDigi yang sering menanyakan perbedaan antara format NTFS dengan format yang lebih lama yaitu FAT (File Allocation Table). Artikel ini saya buat sebagai jawabannya.

Perbedaan yang utama dari kedua format ini adalah pada level keamanannya. Microsoft menciptakan NTFS yang ditujukan bagi para pengguna server yang membutuhkan keamanan lebih baik. Windows NT memang didesain sebagai sistem operasi server.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

www.AstroDigi.com

Gambar di atas menunjukkan setting permission untuk Security Settings pada folder NTFS, terlihat disitu terdapat 7 pilihan setting yaitu:
1. Full Control:
pada setting ini user dapat mengakses secara penuh folder-folder dan file-file di dalamnya. Melakukan edit, penambahan, dan penghapusan dimungkinkan.
2. Modify:
pada setting ini user dapat melakukan edit pada folder-folder dan file-file di dalamnya. Tidak dapat melakukan penambahan maupun penghapusan.
3. Read & Execute:
pada setting ini user hanya dapat membaca dan mengeksekusi file yang ada di dalamnya. Melakukan edit, penambahan, dan penghapusan tidak dimungkinkan.
4. List Folder Content:
pada setting ini user hanya dapat melihat daftar folder-folder dan file-file di dalamnya. Melakukan edit, penambahan, dan penghapusan tidak dimungkinkan.
5. Read:
pada setting ini user hanya dapat melihat folder dan mengeksekusi file tanpa dapat melakukan edit.
6. Write:
pada setting ini user hanya dapat menambah folder dan file tanpa dapat melakukan edit dan penghapusan.

Security setting ini tidak terdapat pada folder FAT, sehingga setiap pengguna komputer dapat langsung mengakses folder FAT.




www.AstroDigi.com

Gambar di atas menunjukkan setting permission untuk Share Settings berlaku baik untuk folder NTFS maupun FAT, terlihat disitu terdapat 3 pilihan setting yaitu:
1. Full Control:
pada setting ini user dapat mengakses secara penuh folder-folder dan file-file di dalamnya. Melakukan edit, penambahan, dan penghapusan dimungkinkan.
2. Change:
pada setting ini user dapat melakukan edit pada folder-folder dan file-file di dalamnya. Tidak dapat melakukan penambahan maupun penghapusan.
3. Read:
pada setting ini user hanya dapat melihat folder dan mengeksekusi file tanpa dapat melakukan edit.

Catatan:
Untuk mengatur setting permission pada folder yang diakses secara remote, dapat dikatakan tidak ada bedanya antara menggunakan format NTFS maupun format FAT.
Format NTFS mempunyai manajemen yang lebih baik dalam penempatan file sehingga masalah fragmentasi lebih rendah dan eksekusi file lebih cepat.

Kekurangannya adalah NTFS tidak dapat diakses langsung dari system DOS (tanpa tools), sehingga apabila terjadi masalah pada OS, lebih sulit melakukan akses terhadap file-file yang tersimpan.

Keunggulan lain dari format NTFS adalah dimungkinkannya partisi lebih dari 30GB. Format FAT32 dapat juga disetting untuk dipartisi lebih dari 30GB, dengan bantuan tools tertentu namun rawan terhadap kerusakan dan kehilangan data. Jadi sebaiknya partisi FAT jangan lebih dari 30GB.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “Perbandingan antara NTFS dan FAT”

ninest123 08.18
chanel handbags, gucci handbags, longchamp outlet, true religion outlet, nike air max, replica watches, oakley sunglasses, louboutin uk, prada outlet, coach outlet, burberry factory outlet, true religion outlet, nike free, ralph lauren outlet, nike outlet, ralph lauren polo, ray ban sunglasses, michael kors, tory burch outlet, michael kors outlet, michael kors handbags, michael kors outlet online, michael kors outlet store, longchamp outlet, true religion outlet, michael kors outlet online, louboutin shoes, cheap jordans, tiffany jewelry, kate spade, kate spade outlet, coach outlet store online, oakley sunglasses, longchamp bags, burberry outlet, coach outlet, coach purses, prada handbags, ray ban sunglasses, christian louboutin, tiffany jewelry, oakley sunglasses, christian louboutin, nike air max

Unknown said...
on 

nike roshe run pas cher, nike trainers uk, new balance, nike blazer pas cher, nike air max uk, hollister uk, sac guess pas cher, ray ban uk, michael kors, nike air max, timberland pas cher, mulberry uk, lunette oakley pas cher, longchamp soldes, lululemon outlet, nike roshe uk, hogan sito ufficiale, hermes pas cher, louboutin pas cher, nike air max pas cher, converse, longchamp pas cher, abercrombie and fitch, north face pas cher, michael kors outlet online, polo lacoste pas cher, nike free pas cher, nike air max uk, lunette ray ban pas cher, north face uk, nike air huarache, nike air force, vanessa bruno pas cher, ralph lauren pas cher, polo ralph lauren uk, jordan pas cher, vans pas cher, burberry pas cher, abercrombie and fitch UK, longchamp uk, nike free, nike tn pas cher, michael kors uk

Unknown said...
on 

Post a Comment