Wednesday, April 20, 2011

Misteri Harta Karun Di El Dorado - Part 1


www.AstroDigi.com

Harianblogger.blogspot.com | Adanya harta karun yang tersimpan di kawasan El Dorado di Amerika Selatan hingga kini masih menjadi sebuah legenda bagi rakyat Amerika dan dunia. Sejumlah penelitian sejarah atau penelitian pribadi dilakukan untuk mengungkap misteri yang meliputinya. Bayangan tentang emas dan permata berharga yang terkubur di suatu tempat di pedalaman Amerika Selatan itu tetap hangat dibicarakan.

Satu-satunya pijakan untuk mengungkap rahasia besar itu adalah legenda yang tersiar sejak lima ratus tahun lalu. Tentang suku Chibcha, sub suku Indian Amerika Selatan yang sangat memuja Dewa Matahari. Mitologi kuno mereka yang dilansir orang-orang Spanyol menyebutkan bahwa pemujaan ini berkaitan dengan sejumlah persembahan harta berharga seperti emas dan batu permata.

www.AstroDigi.com


Orang-orang Chibcha menganggap emas adalah anugerah dari Dewa Matahari dan selayaknya dipersembahkan kembali kepada sang Dewa. Lalu kisah yang menyeruak dari mulut ke mulut menyebutkan bahwa pemujaan tersebut membuat suku-suku Chibcha melebur emas sebagai perisai bagi bangunannya. Sehingga kuil-kuil pemujaan mereka disebut dilapis lempeng emas. Namun tak ada bukti yang tersisa dari perkiraan ini.

www.AstroDigi.com


Kisah ini mirip dengan legenda dalam bahasa Omagua yang diketahui sebagai Indian Tupi-Guyana di teritori antara Brasil dan Guyana. Mereka percaya pada legenda El Dorado berkaitan dengan emas. Namun penjelajah sering menafsir El Dorado mengacu pada sebuah kota emas. Dan dalam peta kuno mereka terdapat sebuah nama El Dorado yang lokasi persisnya tidak jelas.

www.AstroDigi.com


Sebuah Mitologi - Dalam kepercayaan kuno Chibcha ada disebutkan soal Dewi penunggu danau suci. Selain pemujaan terhadap Dewa Matahari, pemujaan dewi air suci ini juga sangat populer di kalangan Indian itu di masa lalu.

www.AstroDigi.com


Kisah tentang Dewi ini bermula dari mitologi tentang seorang istri kepala suku Chibcha di masa awal. Karena dituduh melakukan suatu pelanggaran "hukum" perempuan yang merasa benar itu kemudian bunuh diri dengan melompat ke dalam sebuah danau.

Kemurnian hatinya ternyata terbukti dan ia pun bertransfromasi menjadi seorang dewi.Maka sang Dewi ini pun menjadi penunggu danau suci --yang dalam perkamen tua dikenal sebagai Danau Guatavita.

Pemujaan terhadap Dewi Guatavita ini kemudian menjadi ceremoni satu tahun sekali. Di puncak upacara tersebut, seluruh tubuh kepala suku Chibcha akan dilabur dengan getah kemudian dilapisi dengan serbuk emas. Dari kepala hingga ujung jari kaki. Lewat ritual tertentu, kepala suku kemudian diarak menuju danau. Dari sana ia akan dinaikkan ke rakit hingga ke tengah danau. Tiba di tengah danau kepala suku akan terjun ke air dan membasuh tubuhnya hingga bersih. Saat ritus ini dilakukan, barisan upacara yang mengiringinya akan melemparkan sejumlah persembahan emas dan permata ke dalam danau.

Inilah yang disebut sebagai upacara orang emas yang dalam bahasa Muisca (Chibcha) disebut sebagai El Dorado. Benarkah legenda ini?

Sebuah laporan bertahun 1962 menyebutkan tentang penemuan spektakuler dua petani. Di suatu desa dekat Bogota (ibukota Colombia sekarang) mereka menemukan sebuah liang gua yang sangat kecil. Penasaran, kedua petani ini kemudian masuk ke dalamnya dan mereka menemukan emas! Emas temuan mereka ini berupa artefak berbentuk rakit miniatur dengan delapan pendayung dan seorang kepala suku yang terbuat dari emas.

Kedelapan pendayung ini duduk membelakangi sang kepala suku. Inilah salah satu bukti kuat tentang legenda El Dorado yang berhasil ditemukan.

Namun impian tentang emas yang melimpah di El Dorado, tak pernah ditemukan hingga kini. Walau Danau Guatavita tercantum di peta, deskripsinya itu tidak sesuai dengan perkamen kuno tentang danau suci Guatavita yang sesungguhnya. Konon danau suci itu terdapat di antara pegunungan Andes, di dalam sebuah gua yang kini sudah tertutup di dekat Bogota. Seluruh upaya pencarian tidak membuahkan hasil. Terkadang misteri memang bukan untuk diungkap! *

Memburu Emas El Dorado - Semua berawal dari legenda. Dikisahkan dari mulut ke mulut oleh penjelajah Spanyol. Tentang sebuah kota yang berlapis emas bernama El Dorado. Legenda ini menarik minat beratus-ratus pemburu harta karun. Namun sebagian besar akhirnya menemui ajal. Tewas di pedalaman belantara Amerika Selatan di gugus pegunungan Andes!

Bersambung . . .

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

3 comments to “Misteri Harta Karun Di El Dorado - Part 1”

ninest123 08.18
chanel handbags, gucci handbags, longchamp outlet, true religion outlet, nike air max, replica watches, oakley sunglasses, louboutin uk, prada outlet, coach outlet, burberry factory outlet, true religion outlet, nike free, ralph lauren outlet, nike outlet, ralph lauren polo, ray ban sunglasses, michael kors, tory burch outlet, michael kors outlet, michael kors handbags, michael kors outlet online, michael kors outlet store, longchamp outlet, true religion outlet, michael kors outlet online, louboutin shoes, cheap jordans, tiffany jewelry, kate spade, kate spade outlet, coach outlet store online, oakley sunglasses, longchamp bags, burberry outlet, coach outlet, coach purses, prada handbags, ray ban sunglasses, christian louboutin, tiffany jewelry, oakley sunglasses, christian louboutin, nike air max

Unknown said...
on 

nike roshe run pas cher, nike trainers uk, new balance, nike blazer pas cher, nike air max uk, hollister uk, sac guess pas cher, ray ban uk, michael kors, nike air max, timberland pas cher, mulberry uk, lunette oakley pas cher, longchamp soldes, lululemon outlet, nike roshe uk, hogan sito ufficiale, hermes pas cher, louboutin pas cher, nike air max pas cher, converse, longchamp pas cher, abercrombie and fitch, north face pas cher, michael kors outlet online, polo lacoste pas cher, nike free pas cher, nike air max uk, lunette ray ban pas cher, north face uk, nike air huarache, nike air force, vanessa bruno pas cher, ralph lauren pas cher, polo ralph lauren uk, jordan pas cher, vans pas cher, burberry pas cher, abercrombie and fitch UK, longchamp uk, nike free, nike tn pas cher, michael kors uk

Unknown said...
on 

uggs outlet, juicy couture outlet, swarovski uk, uggs on sale, uggs outlet, pandora uk, ray ban, sac louis vuitton, uggs on sale, louis vuitton, louis vuitton uk, marc jacobs, supra shoes, replica watches, ugg uk, hollister, sac louis vuitton, ugg,uggs,uggs canada, lancel, pandora jewelry, montre pas cher, links of london uk, karen millen uk, louis vuitton, pandora charms, louis vuitton outlet, uggs on sale, ugg,ugg australia,ugg italia, doke & gabbana, converse shoes outlet, bottes ugg pas cher, coach outlet, swarovski jewelry, louis vuitton outlet online, louis vuitton, thomas sabo uk, ugg pas cher, wedding dresses uk, toms shoes, louis vuitton outlet, gucci, juicy couture outlet, louis vuitton handbags
ninest123 08.18

Unknown said...
on 

Post a Comment