Friday, October 9, 2009

Misteri Dibalik Kematian Mata Hari – Part 2


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | 9 Okt 2009 | Mata Hari adalah wanita yang dieksekusi mati oleh Perancis, karena dituduh melakukan kegiatan mata-mata, kebenaran tuduhan tersebut hingga kini masih kabur dan menjadi misteri. Wajahnya yang mirip dengan patung dewi Venus, dianggap sangat mempesona pada masanya.


www.AstroDigi.com

Selama Perang Dunia I, Belanda bersikap tetap netral. Sebagai subjek Belanda, Margaretha Zelle dapat menyeberangi perbatasan negara dengan bebas. Untuk menghindari medan perang, ia bepergian antara Perancis dan Belanda melalui Spanyol dan Britania, dan gerak-geriknya mengundang banyak perhatian. Dia dikenal sebagai wanita penghibur untuk banyak petinggi militer yang bersekutu selama waktu itu.

www.AstroDigi.com

Pada bulan Januari 1917, atase militer Jerman di Madrid mengirimkan pesan radio ke Berlin menggambarkan kegiatan mata-mata Jerman, dengan kode H-21. Agen intelijen Perancis berhasil mendapatkan salinan pesan, dan dari informasi yang terkandung, Perancis mengidentifikasi H-21 sebagai Mata Hari. Beberapa sejarawan untuk mencurigai bahwa pesan-pesan itu palsu dibuat-buat, hanya untuk mengelabuhi Perancis akan kegiatan mata-mata yang sebenarnya.

www.AstroDigi.com

Pada 13 Februari, 1917, Mata Hari ditangkap di kamarnya di Hotel Plaza Athenee di Paris. Dia diadili, dituduh sebagai mata-mata untuk Jerman dan mengakibatkan kematian setidaknya 50.000 prajurit, di medan perang. Dia diputuskan bersalah dan menjalani hukuman mati didepan regu tembak pada 15 Oktober, 1917, pada usia 41.
Fakta-fakta mengenai kasus ini tetap kabur, karena dokumen resmi mengenai eksekusi disegel selama 100 tahun.

Setelah eksekusi mati, tubuh Mata Hari tidak diklaim oleh anggota keluarga dan digunakan untuk penelitian medis. Kepalanya dibalsem dan disimpan di Museum of Anatomy di Paris.
Tetapi pada tahun 2000, didapatkan arsip yang menyebutkan bahwa kepala itu telah hilang, kemungkinannya terjadi pada awal 1954, saat museum itu pindah lokasi.

Video berikut menggambarkan adegan saat eksekusi mati Mata Hari . . .



www.AstroDigi.com ( Nino Guevara Ruwano )

Comments :

1

Sebuah kisah seorang wanita belasteran Belanda Indonesia, yang harus menanggung beratnya kehidupan karena kelakuan suaminya yang jalang, dan ia ingin balas dendam dengan cara melacurkan diri. dimana ia melakukan hubungan seks dengan banyak lelaki dari kalangan milter. Keserakahannya atas materi membuat ia terjebak pada dua spioanase sebagai agen ganda. yang akhirnya dicurigai oleh pihak Perancis sebagai penyebab tewas sekitar 50.000 orang tentaranya. Hal inilah yang menjadikan ia tersangka dan dieksekusi oleh pihak Perancis.
Semoga tidak ada lagi yang menjadi korban keserakahan dan ambisi pribadi yang setragis tragedi yang dialami oleh Mata Hari.

Anonymous said...
on 

Post a Comment