Sunday, July 12, 2009

Sayangilah Hard Disk Drive (HDD) Anda - Part 1


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Minggu, 12 Jul 2009 | Pada komputer media penyimpan data (data storage) yang masih umum digunakan adalah Hard Disk Drive atau lazim disingkat dengan HDD.
Sebagai tempat penyimpan tentulah data dan informasi digital lainnya yang (sangat) penting , tersimpan pada HDD. Sehingga tentulah HDD adalah sebuah aset berharga bagi anda. Namun sayangnya seringkali aset berharga ini tidak mendapatkan perlakuan yang sepadan dengan nilainya.
Sehingga seringkali HDD rusak tanpa kita sempat melakukan backup. Kerusakan mendadak biasanya menimbulkan kerugian yang cukup besar, baik kerugian waktu, tenaga, maupun biaya.

Mari ikuti 10 langkah berikut ini untuk membuat HDD tidak cepat rusak, dan bertahan lama dalam kondisi prima.

Pertama:
Lakukan partisi, ini dimaksudkan agar program tidak terpecah pada lokasi yang terlalu berjauhan. Apabila tidak merepotkan, akan lebih baik apabila setiap partisi berukuran maksimum 30GB saja.

Kedua:
Gunakan memori (SDRAM/DDR) yang besar, tentunya disesuaikan dengan kemampuan kantong anda dan kemampuan motherboard dalam menerima memori.
Mikroprosesor tidak melakukan pembacaan maupun penulisan langsung pada HDD, namun melakukan pembacaan dan penulisan pada memori yang sudah menerima pelimpahan data ke/dari HDD.
Makin besar memori makin rendah siklus baca dan tulis ke/dari HDD, maka makin awetlah HDD.

Ketiga:
Berikan sirkulasi udara yang baik bagi HDD.
HDD bekerja keras selama komputer digunakan, sebaiknya berikanlah dia udara sejuk agar panas yang timbul pada komponennya tidak berlebihan.

Keempat:
Jangan memaksa HDD menjalankan tugas ganda (multi tasking), terutama saat anda menjalankan aplikasi berat. Misalnya memutar Media Player sambil melakukan render dengan Autocad. Mengedit film sambil mendengarkan musik. Melakukan pengolahan gambar atau multimedia sambil mendengarkan musik (dan lebih parahnya kadangkala sumber musik berasal dari file video). Dan lain sebagainya.

Tanpa anda bebani HDD dengan tugas gandapun, sebenarnya OS sudah menjalankan beberapa program pada system. Bila anda tambah lagi dengan pekerjaan ganda, maka jarum pembaca HDD akan terus mondar mandir dari satu lokasi ke lokasi lain di permukaan cakram HDD. Gerakan baca dengan frekuensi yang tinggi ini dapat membuat gerakan mengayun, dimana jarum pembaca akan menggores permukaan cakram. Atau dapat juga ayunan ini membuat jarum terbentur pembatas.
Bila hal semacam ini sering terjadi maka dipastikan usia HDD tidak akan panjang lagi.

Ikuti lanjutannya pada: Sayangilah Hard Disk Drive (HDD) Anda - Part 2

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “Sayangilah Hard Disk Drive (HDD) Anda - Part 1”

Thanks for the info. Hmmm, ada tips untuk menjaga kualitas hard disk eksternal supaya lebih tahan lama?

Lex dePraxis
Romantic Renaissance

HitmanSystem.com said...
on 

Sama juga tips untuk HDD external, tambahannya cuman jangan banyak terguncang aja supaya awet

NINO said...
on 

Post a Comment