Wednesday, August 23, 2017

Beberapa Cara Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghemat Baterai Laptop Anda

www.AstroDigi.com Astrodigi.com | Rabu 23 Ags 2017 | Laptop bekerja secara "mobile" dengan memanfaatkan energi dari baterai, saat bekerja ditempat yang jauh dari sumber listrik untuk mengisi ulang baterai (recharging), diperlukan usaha untuk membuat simpanan daya listrik pada baterai tidak cepat terkuras, agar pengguna (user) dapat memanfaatkan laptop lebih lama sebelum daya listrik pada baterai habis.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai:

1. Windows menyediakan fasilitas "Airplane mode" dengan tujuan untuk menghemat sumber daya saat pengguna tidak perlu terkoneksi dengan internet. Klik icon airplane mode saat tidak perlu koneksi internet.

2. Turunkan level kecerahan (brightness) dari layar laptop saat bekerja dengan baterai.

3. Jangan biarkan external storage (media penyimpanan eksternal) seperti USB flashdisk, atau bahkan harddisk eksternal tetap terpasang di port USB anda. Copy saja data yang diperlukan untuk bekerja ke hard disk laptop, kemudian lepaskan segala external storage dari USB.

4. Jangan biarkan computer peripheral (peralatan pendukung komputer), seperti DVD ROM, printer, serial adapter, dan lain sebagainya tertancap di USB port saat tidak sedang dibutuhkan. Misalnya anda membutuhkan DVD ROM eksternal, maka tancapkan saja DVD ROM tersebut pada saat dibutuhkan saja, setelah itu lepaskan kembali dari USB port.

5. Kurangi penggunaan aplikasi yang bekerja di-background OS anda. Beberapa aplikasi untuk chat seperti Skype, Yahoo Messenger, dan beberapa aplikasi utility, akan tetap bekerja saat tidak diperlukan, matikan saja aplikasi tersebut lewat task manager.

6. Bila tidak diperlukan jangan membuka lebih dari satu aplikasi. Buka dan jalankan saja aplikasi yang kebetulan sedang digunakan, dan matikan saja aplikasi yang lainnya. Aplikasi yang terbuka akan menyita penggunaan sumber daya, dengan semakin sedikit aplikasi yang terbuka maka sumber daya baterai akan lebih hemat.

Demikian tips untuk menghemat sumber daya baterai dari saya kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca sekalian, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)





 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Beberapa Cara Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghemat Baterai Laptop Anda”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...