Thursday, July 20, 2017

Sesungguhnya Teknologi Untuk Mengubah Oli Bekas Menjadi Bahan Bakar Alternatif Untuk Kendaraan Sudah Ada Sejak Lebih Dari 5 Tahun Yang Lalu

www.AstroDigi.com
AstroDigi.com | Kamis, 20 Jul 2017 | Oli bekas pakai adalah limbah yang apabila dibuang sembarangan dapat menjadi komponen pencemar lingkungan yang berbahaya. Padahal tanpa banyak diketahui oleh masyarakat dunia pada umumnya, teknologi untuk mengolah limbah oli bekas ini menjadi bahan bakar alternatif pengganti BBM sudah ditemukan sejak 2011 lalu.

Bahkan penelitian untuk pengolahan limbah oli ini menjadi bahan yang lebih berguna dan aman bagi lingkungan sudah dimulai sejak lebih dari 10 tahun yang lalu.
Untuk mengubah oli bekas menjadi bahan bakar alternatif bagi kendaraan, digunakan sebuah teknik pengolahan kimiawi yang disebut dengan pirolisis (Pyrolysis). Pirolisis ini adalah teknik pemecahan zat kimia kental seperti oli bekas tersebut, dengan cara pemanasan pada temperatur tinggi dengan tingkat oksigen yang diatur sangat rendah.



Dengan pirolisis, oli kental akan terpecah menjadi tiga materi dengan tingkat kepadatan yang berbeda, yaitu gas, cairan dan materi padat. Gas dan cairan yang dihasilkan dapat diubah menjadi bahan bakar alternatif bagi kendaraan, sedangkan materi padat tetap menjadi limbah, namun karena bentuknya padat maka proses pembuangan menjadi lebih mudah.

Dengan desain tungku yang berbeda teknik pirolisis ini dapat digunakan juga untuk mengolah limbah plastik ataupun limbah ban bekas menjadi cairan kental yang kualitasnya mirip seperti oli bekas. Cairan setara oli bekas ini kemudian dapat diolah menjadi bahan bakar alternatif. Sehingga secara tidak langsung, meski melalui proses berganda, limbah plastik dan limbah ban bekas dapat dirubah menjadi bahan bakar alternatif pula.

Teknik pirolisis ini, meski terbukti sukses namun tampaknya masih terlalu mahal untuk diaplikasikan secara masal, karena harus menggunakan tungku microwave khusus, yang pembangunannya memerlukan biaya yang masih cukup tinggi, sehingga penelitian selanjutnya adalah menemukan cara untuk membangun sistem pirolisis dengan biaya yang lebih terjangkau untuk diaplikasikan secara masal.









 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...