Monday, July 31, 2017

Inilah 5 Penyebab Kinerja Komputer Menjadi Lebih Lambat Dari Seharusnya, Dan Cara Mendeteksi Kerusakannya Dan Mengatasi Masalahnya

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 31 Jul 2017 | Saat ini komputer sudah bukan lagi barang langka, hampir setiap pekerjaan kantoran yang semula dikerjakan dengan berbagai peralatan tulis, kini sebagian besar diambil alih oleh komputer, dan peralatan tulis menulis hanya menjadi pelengkap.

Hal yang paling mengesalkan pada saat bekerja dengan menggunakan komputer adalah apabila secara mendadak kinerja komputer menjadi lebih lambat dari biasanya. Penyebab melambatnya komputer bisa disebabkan oleh hardware dan software. Berikut ini daftar kemungkinannya:

1. HDD (Hard Disk Drive) mulai rusak. HDD bisa rusak secara berangsur-angsur, mekanik HDD yang mulai rusak bisa membuat kinerja HDD melambat, dan akibatnya secara keseluruhan kinerja komputer akan melambat.

Biasanya HDD yang mulai rusak akan mengeluarkan suara pada saat pembacaan data. HDD yang kerusakannya tergolong parah apabila mengeluarkan suara knocking (ketukan) atau clicking (suara klik berkali-kali).

HDD yang masih bagus, nyaris tidak bersuara pada saat bekerja, putaran disk-nya masih halus. Bila terbukti rusak maka setelah penggantian HDD maka komputer anda akan bekerja normal kembali.

2. RAM (Memori) mulai rusak. Sama seperti HDD, RAM juga bisa rusak secara berangsur-angsur.
RAM yang rusak dapat dicek dengan menggunakan aplikasi penguji memori. Ada banyak aplikasi gratis, anda tinggal mencari via Google Search dengan kata kunci "Memory Diagnostic".

Aplikasi penguji memori akan membantu anda memastikan kondisi memori dari komputer anda. Bila terbukti rusak maka setelah penggantian RAM (DDRAM) maka komputer anda akan bekerja normal kembali.

3. Windows Update. Pengguna Windows 10 akan mendapatkan update secara otomatis sewaktu-waktu saat komputer tersambung ke internet. Proses update berjalan di "background" dari OS Windows, namun perlambatan kinerja komputer akan sangat terasa.

Bagi anda yang tidak ingin terganggu oleh proses auto-update ini, dalam artikel bulan Maret 2017 lalu saya sudah pernah menuliskan cara untuk mematikan fasilitas auto-update dari Windows 10.

4. Kerusakan aplikasi. Apabila kinerja komputer melambat hanya pada saat anda bekerja dengan aplikasi tertentu berarti ada kerusakan pada aplikasi tersebut. Cobalah untuk melakukan re-install (instalasi ulang) pada aplikasi tersebut.

5. Virus komputer. Aplikasi liar yang satu ini memang salah satu penyebab melambatnya kinerja komputer yang tergolong ditakuti oleh para pengguna komputer.

Klik kanan mouse diatas taskbar dan pilih "Task Manager", klik pada tab CPU, perhatikan apakah ada program yang tidak biasa berjalan pada OS. Setelah itu klik juga pada tab Memory, perhatikan juga apakah ada program yang tidak biasa berjalan pada OS.

Bila terindikasi ada program "liar" yang berjalan di OS, maka carilah teknisi komputer untuk menghapus virus yang ada pada OS anda. Syukurlah apabila anda sendiri tergolong user (pengguna komputer) yang mampu menghilangkan sendiri virus pengganggu tersebut, maka anda tidak perlu harus memanggil teknisi untuk membersihkan komputer dari virus.


------------------

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyebab melambatnya kinerja komputer dan cara mengatasi permasalahannya. Semoga artikel ini berguna bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...