Friday, July 7, 2017

Cobalah Latihan Berlari Dengan Tanpa Menggunakan Alas Kaki Untuk Memperbaiki Pola Menapak Yang Keliru!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 7 Jul 2017 | Pada umumnya secara tanpa sadar biasanya saat berlari ataupun berjalan orang akan menapakkan tumitnya terlebih dahulu sebelum disusul oleh bagian tengah telapak kaki dan diakhiri dengan ujung kaki. Cara menapakkan kaki yang seperti itu meski kesannya "natural" dan sudah umum, sebenarnya keliru, karena menapakkan kaki dengan tumit terlebih dahulu bisa menimbulkan cedera.

Berlari dengan tanpa menggunakan alas kaki terbukti "memaksa" orang untuk menapakkan kakinya secara benar, karena menapakkan dan mendaratkan kaki secara keliru saat berlari akan menghasilkan rasa sakit. Dengan rutin berlari tanpa alas kaki maka kebiasaan menapak secara benar akan terbentuk dengan sendirinya.

Bahkan University of Glasgow 7 tahun lalu merilis hasil studi yang menunjukkan bahwa berlari tanpa menggunakan alas kaki memberikan benefit yang lebih dibandingkan menggunakan alas kaki. Menurut hasil studi tersebut, berlari tanpa alas kaki mengurangi resiko cedera lutut dan pergelangan kaki karena posisi menapak yang benar.

Menapak yang diawali dengan bagian depan kaki adalah cara yang benar, karena bagian depan telapak kaki adalah bagian memiliki kelenturan dan kemampuan rotasi, sehingga akan menyerap beband dan benturan yang datang. Berbeda dengan tumit yang tidak dapat berfungsi seperti pegas segala benturan akan terserap sepanjang kaki, dan hal ini dapat menimbulkan cedera.

Untuk berlari tanpa alas kaki, maka medan untuk berlatih haruslah dipilih yang aman. Sebaiknya dipilih medan yang datar lunak, seperti medan berpasir ditepi pantai, atau lebih baik lagi pada lapangan yang ditumbuhi rerumputan yang lunak bagi telapak kaki yang telanjang. Dan bagi yang belum terbiasa bisa menggunakan kaos kaki untuk meredam rasa geli dipermukaan telapak kaki.



Milind Soman, atlet Ironman yang berlomba tanpa alas kaki







 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Cobalah Latihan Berlari Dengan Tanpa Menggunakan Alas Kaki Untuk Memperbaiki Pola Menapak Yang Keliru!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...