Wednesday, January 11, 2017

Linux OS Gratis, Alternatif Pengganti OS Windows

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 11 Jan 2017 | Windows sebagai OS paling populer sejagad memang memiliki paling banyak pengguna dan juga memiliki banyak aplikasi penunjang. Bagusnya tampilan GUI (graphic user interface) dan kemudahan pengendalian (user friendly) dari OS Windows adalah faktor utama yang membuat OS ini menempati urutan pertama sebagai OS yang paling banyak dipakai di jagad raya.

Dan hal lain juga yang membuat Windows populer adalah pola pemasarannya yang banyak bekerja sama dengan para vendor PC ataupun laptop. Banyak PC ataupun laptop bermerek (branded) yang dijual dengan bundel OS Windows, sehingga user tidak perlu lagi mengeluarkan dana ekstra untuk membeli OS.

Bagi user yang ingin menghemat dana untuk penyediaan OS bisa memilih Linux sebagai OS alternatif pengganti Windows.
Meskipun gratis tetapi tampilan GUI dari Linux juga bagus dan bisa dikatakan mirip dengan Windows. Linux juga mendapat dukungan dari berbagai vendor pembuat aplikasi yang menyediakan berbagai aplikasi yang tampilannya dan cara pemakaiannya sangat mirip dengan aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk Windows.

Misalnya sebagai pengganti Microsoft Office yang harganya mencapai jutaan rupiah, user Linux dapat memilih Open Office yang tampilan dan cara pakainya sangat mirip dengan aplikasi Microsoft Office. Dan enaknya lagi user tidak perlu repot mencari lagi aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk pelengkap pekerjaan tersebut karena umumnya OS Linux dijual dalam bundel yang lengkap dengan berbagai aplikasi.

Penjual OS Linux tidak menjual OS Linux-nya, sesungguhnya mereka hanya menjual CD/DVD berisi OS Linux, jadi pembeli ibaratnya membeli "jasa" penyediaan software dan pengemasan software tersebut, karena OS Linux-nya sendiri gratis. Ada banyak pilihan distro untuk OS Linux seperti Mandrake, Gnome, SuSe, RedHat, dan lain sebagainya, hal ini dikarenakan Linux memang dikembangkan oleh berbagai perusahaan, dan setiap perusahaan membuat distro yang berbeda-beda.

Bagi pemilik usaha yang dalam menjalankan usahanya membutuhkan banyak komputer, Linux merupakan pilihan yang cocok untuk efisiensi dana. Dana untuk pembelian software bisa dicadangkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Meski kalah populer dari Windows, namun Linux sudah mudah diperoleh diberbagai toko-toko software yang banyak tersebar diberbagai pusat komputer. Banyak juga toko-toko online yang menjual Linux dan dapat mengirimkan CD/DVD pada para pembelinya.

Dalam berbagai kesempatan saya banyak menemukan kantor-kantor yang menggunakan banyak komputer dalam kegiatan operasionalnya, dan kegiatan para pegawai lebih banyak pada pekerjaan administratif yang tidak membutuhkan aplikasi-aplikasi khusus, masih menggunakan OS dan aplikasi berbayar. Sesungguhnya akan lebih efisien apabila kantor-kantor tersebut memilih menggunakan OS dan aplikasi yang tersedia secara gratis untuk menghemat dana investasi dan operasional.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Linux OS Gratis, Alternatif Pengganti OS Windows”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...