Tuesday, January 17, 2017

Lemur Ekor Cincin, Primata Bertopeng Yang Unik Dari Madagaskar

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 17 Jan 2017 | Bagi anda yang pernah menonton film kartun produksi Disney yang berjudul MADAGASKAR, anda tentu mengenal satu karakter yang tergolong lucu, kocak, lincah, nakal dan gemar berjoget, yaitu King Julien. Tampaknya judul film Madagaskar ini mungkin diambil dari negara tempat King Julien berasal.

Hewan yang aslinya bernama LEMUR EKOR CINCIN ini, yang kadangkala hanya disebut lemur saja, memang adalah primata yang berasal dari Madagaskar, kepulauan di wilayah Afrika bagian timur. Hewan penggemar buah-buahan, dan dedaunan segar ini, penampilannya mirip seperti luwak yang banyak kita temui di perkebunan kopi di wilayah Indonesia, dengan ukuran fisik yang juga kurang lebih sama dengan luwak. Saat bayi ukuran lemur bisa dikatakan sama mungilnya dengan luwak, bobot tubuh lemur bayi hanya berkisar 30 gram saja, namun setelah beranjak dewasa, bobot tubuhnya bisa mencapai 5 kilogram.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Panjang tubuh lemur remaja hingga yang dewasa berkisar antara 30 sampai 60 centimeter saja, namun mereka mempunyai ekor yang panjang, dimana panjang ekor mereka sama dengan panjang tubuhnya dan bahkan pada beberapa ekor lemur, ada juga yang mempunyai ekor yang sedikit lebih panjang dari panjang tubuh mereka.

Lemur berkomunikasi dengan sesamanya dengan menggunakan suara lengkingan khas. Penciuman mereka yang tajam seperti penciuman anjing mempermudah mereka untuk menemukan sesama mereka lewat bau tubuh khas yang mereka keluarkan. Hewan ini senang hidup bergerombol dalam sebuah kawanan, untuk saling menghangatkan dan melindungi. Wajah mereka yang unik, yang tampak seperti halnya makhluk bertopeng ini tampaknya yang mengilhami pemberian nama lemur. Nama lemur ini berasal dari kata "lemures" yang dalam mitologi Yunani berarti hantu.

Wajah unik bertopeng ini menjadi lengkap keunikannya dengan ekor panjang yang dilengkapi dengan cincin-cincin hitam yang melingkari ekor abu-abu mereka. sehingga tampilan fisik mereka mirip seperti anjing jenis husky (anjing penarik kereta luncur di eskimo), atau sedikit mirip panda berukuran mini, namun tampak lebih cantik karena ekor panjang mereka.

Sayangnya penampilan cantik lemur ini juga salah satu faktor yang membuat hewan ini kini kian langka, banyak pemburu liar yang menangkap hewan ini untuk diawetkan dan dijual mahal kepada para kolektor. Ditambah lagi dengan makin menyempitnya habitat tempat mereka tinggal dengan bertambahnya pemukiman penduduk diwilayah yang sebelumnya merupakan hutan belantara, makin menurunkan populasi primata cantik ini.

Lemur adalah hewan omnivora, mereka bisa makan tanaman maupun daging. Meski makanan utama mereka adalah buah-buahan dan dedaunan tapi mereka juga memakan serangga dan burung berukuran kecil. Seperti King Julien di film Madagaskar, lemur tergolong hewan yang lincah, mereka adalah pemanjat pohon yang ulung dan dapat dengan lincah melompat dari dahan ke dahan dari pohon ke pohon.

Lemur bayi biasanya ikut dibawa memanjat oleh induknya, sang bayi biasanya menempel pada pinggang atau kadang pada punggung sang induk, dan hanya membutuhkan waktu tiga minggu saja bagi sang bayi sampai mereka sudah mulai belajar memanjat pohon sendiri, dan pada minggu ke enam mereka sudah mahir memanjat pepohonan. Luar biasa bukan?

Di alam bebas usia lemur biasanya berkisar hanya sekitar 20 tahunan saja, namun para ahli hewan menyatakan bahwa dalam penangkaran usia lemur bisa mencapai 35 tahun.
Semoga dengan kesadaran masyarakat disekitar habitat lemur dapat mencegah hewan unik dan indah ini dari kepunahan.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “Lemur Ekor Cincin, Primata Bertopeng Yang Unik Dari Madagaskar”

This comment has been removed by a blog administrator.
Marlianadewi Pembayun said...
on 

menyeramkan namun lucu ini hewan !!!

Jelly Gamat Terbaru said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...