Monday, January 30, 2017

Johammer J1, Motor Listrik Futuristik Dari Austria

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 29 Jan 2017 | Pabrikan motor asal negara Austria mungkin tidak memiliki satupun produk yang populer di Indonesia, karena produk buatan mereka tidak akan mampu bersaing dengan produk dari pabrikan Jepang yang sudah sangat mapan di Indonesia saat ini. Jadi bila disebutkan nama Johammer bisa jadi para pencinta otomotif sekalipun mungkin belum pernah mendengarnya.

Bagaimana bentuk produk-produk buatannya? Mari coba kita lihat saja tampilan motor listrik J1, salah satu produk buatan Johammer. Tampak, indah, elegan dan futuristik sekali. Bentuk motor ini unik sekali, mirip seperti siput berukuran raksasa, bila anda pernah menonton film produksi Disney yang berjudul "Turbo", anda bisa menemukan kemiripannya disini. Dengan bentuk seperti siput dengan stang motor dan kaca spion J1 yang menyembul keluar dari bagian "tubuh" motor, seolah terpisah dengan pipa shock absorber dari roda depan.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Sepeda motor listrik ini ditenagai oleh motor DC berdaya 11.000 Watt, dan dilengkapi dengan baterai lithium-ion dengan pilihan 8,3kWh dan 12.8kWh, meski tidak menggunakan motor bakar sebagai penggeraknya, J1 dapat berakselerasi dari 0 hingga 60 mph hanya dalam 3,4 detik. J1 Johammer dapat meluncur dijalanan beraspal hingga mencapai kecepatan maximum 170 Km/jam.

Baterai lithium J1, dalam kondisi kosong, dapat terisi sampai 80% pada saat pengisian, hanya dalam waktu 30 menit saja, luar biasa bukan? Power supply untuk mengisi baterai J1 dapat langsung dihubungkan ke soket (colokan) rumah tangga biasa. Untuk pengguna yang mempunyai baterai cadangan butuh waktu yang lebih singkat lagi untuk mendapatkan tenaga penuh kembali, dalam demonstrasi seorang teknisi hanya membutuhkan waktu 6 detik saja untuk mengganti baterai yang terpasang dengan baterai cadangan.

J1 juga dilengkapi dengan digital dashboard, yang bukan hanya menampilkan kecepatan dan level ketersediaan bahan bakar, namun juga menampilkan level keekonomisan penggunaan bahan bakar. Dan keunggulan lainnya adalah adanya fasilitas untuk mengirimkan semua data yang ada dalam rekaman digital dashboard ke smartphone milik pengguna J1.

J1 dipasarkan dengan harga 23.000 Euro atau setara dengan 325.000.000 rupiah. Sayangnya karena demand yang masih rendah untuk produk motor listrik kelas premium, J1 tampaknya tidak akan masuk ke pasar Indonesia, setidaknya dalam waktu dekat. Apalagi kisaran harga J1 yang setara dengan harga mobil kelas menengah, tentu sangat sulit untuk bersaing di pasar Indonesia.

Saksikan penampilan Johammer J1 pada tayangan video berikut ini:


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Johammer J1, Motor Listrik Futuristik Dari Austria”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...