Monday, January 23, 2017

Berpikir 2 Kali Sebelum Berbicara

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 23 Jan 2017 | Belakangan ini marak sekali kasus yang muncul dipemberitaan mengenai publik figur, tokoh masyarakat, atau kadangkala juga orang biasa yang menghadapi masalah hanya dikarenakan salah bicara.

Bicara yang salah bisa membuat pihak tertentu sakit hati, bicara yang salah bisa membuat individu atau kelompok tertentu merasa terhina. Bicara yang salah bisa membuat kontrak kerja jangka panjang bernilai miliaran dihentikan.

Pepatah "Mulutmu Harimaumu" tampaknya benar-benar berlaku dalam kehidupan keseharian umat manusia. Kerugian moril dan materiil, baik berupa waktu, tenaga dan juga uang, menjadi resiko yang harus ditanggung mereka yang salah bicara.

Pembaca mungkin masih ingat ada artis yang karena bercanda yang tidak pantas dianggap menghina Pancasila. Ada juga artis lain lagi yang dengan nada bercanda menyiratkan penghinaan terhadap etnis Papua, sehingga menimbulkan sakit hati yang meluas, dan masih banyak kasus lain lagi yang serupa.

Yang saat ini sedang marak adalah kasus yang menimpa seorang Plt Gubernur yang saat berbicara didepan publik mengeluarkan kata-kata kurang pantas yang ditujukan kepada umat agama tertentu. Tentu saja hal semacam ini menimbulkan reaksi keras dari pihak yang merasa tersakiti.

Berkata yang tampaknya hanya perlu waktu sesaat bisa menimbulkan masalah dalam jangka yang panjang. Menyulitkan banyak pihak, dan berpotensi menimbulkan masalah sampingan yang lebih besar.

Oleh karenanya sebelum berbicara hendaknya seseorang meluangkan waktu untuk berpikir. Ada pepatah lama yang menyebutkan "Before talking please connect your tongue to the brain", yang artinya hendaklah seseorang menghubungkan lidahnya dengan pikirannya sebelum berbicara.

Saat ini dimana media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dimana penyampaian kata dan pesan secara tertulis sudah menjadi kewajaran, maka menulis pesan bisa diartikan juga sebagai berucap atau berbicara.

Berikut ini adalah hal yang utama yang harus anda gunakan sebagai dasar dari aturan berbicara, dan juga gunakan aturan ini sebagai dasar pemikiran anda sebelum bicara (atau mengetik pesan):

1. Katakan hal yang baik
2. Katakan hal yang benar
3. Rahasiakan aib
4. Ucapkan janji hanya yang bisa ditepati
5. Ucapkan hal yang menjaga martabat

Kelima hal tersebut adalah dasar atau landasan bicara, akan lebih baik bila menambahkan 3 hal lagi yaitu:

6. Ucapkan hal yang menginspirasi
7. Ucapkan hal yang memberi solusi
8. Ucapkan dengan kalimat yang indah
9. Jaga volume suara agar tetap dalam batas kepantasan dan kewajaran.

Ada kalanya seseorang merasa perlu "melanggar" ketentuan diatas, maka sebagai konsekuensinya maka yang bersangkutan wajib untuk sadar dan siap menerima resikonya, siap menerima implikasi dari kesalahan bicaranya.

Lucunya .. banyak orang yang sengaja bicara secara salah (menghardik, mencela, menghina, melecehkan, atau ucapan lain sejenisnya) namun tidak siap dan tidak mau menerima implikasi dari ucapan yang sudah dikeluarkan.

Banyak diantara mereka yang dalam pembicaraan mengucapkan kalimat yang merendahkan martabat namun tidak siap menghadapi orang-orang yang kemudian merendahkan dirinya.

Banyak diantara mereka yang mengucapkan kata kasar dan kadang berupa hinaan, namun tidak siap untuk dibenci. Banyak juga yang sengaja mengumbar aib, namun tidak siap saat dilecehkan oleh orang-orang mengetahui aibnya.

Allah sudah menganugerahi manusia dengan akal dan kemampuan berpikir jauh melampaui makhluk lainnya, hendaknya anugerah ini tidak disia-siakan pada saat berbicara.

Berpikirlah sekurangnya 2 kali sebelum bicara, untuk memastikan anda bicara secara benar, dan berpikirlah puluhan kali lipat bila anda memutuskan untuk bicara diluar aturan yang benar (bicara secara salah) dan pastikan mental anda sudah siap untuk menghadapi resikonya.

Ingatlah bahwa pukulan yang keras saja umumnya hanya menyakiti satu orang saja, namun bicara yang salah bisa menyakiti jutaan orang sekaligus.

Demikian sekelumit tips dalam berbicara, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Berpikir 2 Kali Sebelum Berbicara”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...