Tuesday, January 24, 2017

AM Dan FM, Apa Bedanya?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 24 Jan 2017 | Dalam sebuah perbincangan ringan saat berkumpul dengan teman-teman, muncul sebuah pembicaraan yang intinya menanyakan perbedaan antara AM dan FM.
"Dulu radio yang populer kan AM sekarang yang populer jadi FM, sebenarnya apa bedanya sih?", demikian pertanyaan yang dilontarkan salah seorang teman.

"Radio FM lebih jernih suaranya", jawab teman yang lain. Memang benar suara radio FM lebih jernih, tapi bukan itu jawaban sebenarnya. Yang membedakan antara AM dengan FM adalah sistem modulasi yang mereka terapkan. Apa itu modulasi?
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Suara yang kita dengar, termasuk suara manusia, berada pada range (jangkauan) 20Hz sampai 20 Khz, suara pada range ini tidak dapat sampai ke tempat yang jauh. Ambil saja contoh seandainya seorang manusia berteriak keras, tentu tidak dapat terdengar sampai 10 kilometer jauhnya, bahkan seandainya suara tersebut dikuatkan lewat perangkat audio sistem, menggunakan amplifier kuat, dan speaker besar, tetap saja tidak dapat sampai ke tempat yang jauh.

Sedangkan sinyal dengan frekuensi yang tinggi dapat sampai ke tempat yang jauh bahkan sangat jauh. Makin tinggi frekuensi maka daya jangkaunya menjadi semakin jauh, meski kekuatan sinyal (amplitudo-nya) pasti akan semakin melemah dengan semakin jauh jaraknya.

Agar bisa sampai ke tempat yang jauh maka suara terdengar (20Hz-20Khz), yang tergolong frekuensi dalam batas yang masih rendah, harus "ditumpangkan" kepada frekuensi tinggi sehingga bisa sampai ke tempat yang jauh. Teknik menumpangkan sinyal yang berfrekuensi rendah kepada sinyal dengan frekuensi tinggi inilah yang disebut dengan MODULASI.

Frekuensi tinggi yang dimodulasi dengan frekuensi rendah akan mengalami perubahan. Disinilah letak perbedaan antara sistem AM dan FM.

Bila yang berubah-ubah amplitudo-nya (tinggi/rendah atau kuat/lemah sinyalnya), maka modulasi ini disebut sebagai modulasi AM (=Amplitude Modulation).

Bila yang berubah-ubah adalah frekuensinya (naik/turun frekuensinya), maka modulasi ini disebut sebagai modulasi FM (=Frequency Modulation).

Dalam perjalanan sinyal seringkali terhalang atau terpantul, bisa terhalang benda ataupun makhluk hidup). sinyal yang terpantul akan melemah amplitudonya, itulah sebabnya pada AM suara menjadi tidak jernih, karena amplitudo sinyal pasti tidak stabil saat sampai ditempat tujuan yang jauh (menguat dan melemah).

Sedangkan pada modulasi FM, suara di pesawat penerima menjadi lebih jernih, karena meski dalam perjalanannya amplitudo sinyal tidak stabil, tetapi frekuensi tidak akan berubah. Pantulan sinyal tidak akan mempengaruhi frekuensi, hanya berpengaruh pada amplitudo-nya saja.

Dengan meningkatnya keinginan para pendengar untuk mendapatkan siaran dengan kualitas suara yang lebih jernih, maka banyak stasiun pemancar radio yang mengalihkan layanannya dari AM ke FM.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “AM Dan FM, Apa Bedanya?”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...