Wednesday, January 18, 2017

AIDA Pedoman Pemasaran 4 Langkah Yang Ampuh Dan Sangat Layak Untuk Diterapkan

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 18 Jan 2017 | Bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing sepertinya AIDA sudah bukan barang baru lagi. Trik pemasaran yang ampuh ini seringkali digunakan sebagai dasar dan pedoman dalam aplikasi pemasaran. Nah .. bagi mereka yang masih baru mengenal, atau baru berkecimpung didunia pemasaran mungkin belum tahu AIDA, atau mungkin sudah pernah mendengarnya secara sekilas namun belum memahami apa maksudnya.

AIDA bukan nama seorang marketer cantik, meski terkenal di dunia pemasaran ini bukanlah nama seseorang, namun merupakan singkatan dari 4 kata kunci dalam pemasaran, yaitu: Attention (perhatian), Interest (tertarik), Desire (kehendak/kemauan), Action (tindakan). Keempat hal yang merupakan singkatan dari AIDA tadi adalah urut-urutan dalam pola pemasaran.

Attention >> Interest >> Desire >> Action
Perhatian >> Ketertarikan >> Kehendak/Kemauan >> Tindakan

Urut-urutan diatas adalah hasil yang merupakan respon yang diinginkan dari customer. Jadi dalam memasarkan haru dipikirkan strategi yang mula-mula membuat perhatian (attention) dari sang calon customer tertuju pada produk yang dipasarkan oleh sang marketer. Jadi sudah jelas bahwa produk yang dipasarkan harus mampu mengalihkan perhatian entah secara tampilan, kemasan atau cara memajangnya, dan lain sebagainya.

Calon customer yang sudah tertarik kemudian digiring lagi menuju ke tahap berikutnya agar mulai tertarik (interest) kepada produk yang dipasarkan. Produk biasanya menjadi menarik bila berada pada waktu yang tepat, atau pada lokasi yang tepat, atau yang lebih baik bila merupakan kombinasi dari keduanya.

Produk yang menarik tadi harus membangkitkan kehendak/kemauan (desire) yang kuat pada sang calon customer, keinginan yang kuat untuk memiliki produk inilah yang dapat menghasilkan tindakan (action) dari sang calon customer untuk membeli produk atau bila harus menunda pembelian karena menunggu kecukupan keuangan, setidaknya akan muncul tindakan positif dari sang calon customer yang menguntungkan marketer, biasanya berupa tindakan yang bersifat mengiklankan produk kepada orang-orang ataupun jaringan yang dikenalnya.

Nah .. bagi para pembaca yang memang sudah terjun ke dunia pemasaran ataupun penjualan, sudah saatnya anda memperdalam pemahaman mengenai AIDA ini untuk memuluskan langkah anda dalam memenuhi target penjualan.
Akhir kata semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi para pembaca. Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “AIDA Pedoman Pemasaran 4 Langkah Yang Ampuh Dan Sangat Layak Untuk Diterapkan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...