Monday, January 16, 2017

8 Pilihan Bisnis Dibidang IT

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 16 Jan 2017 | Bisnis IT (Information Technology), adalah sebuah ladang bisnis yang cukup subur pada masa kini. Bisnis ini juga tergolong tahan terhadap gejolak ekonomi, karena penurunan kebutuhan pasar yang biasanya tidak terlalu signifikan pada saat bisnis lain sedang mengalami penurunan.

Tengok saja seperti Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg dan masih banyak lagi para jutawan IT lainnya yang menempati daftar orang-orang terkaya dunia berkat keberhasilannya di bisnis IT. Berikut ini adalah beberapa pilihan bisnis di bidang IT yang tersedia dan kesemuanya memiliki kebutuhan pasar yang bisa dikatakan cukup stabil bahkan terus meningkat, siapa tahu ada pembaca yang ingin terjun kedalam bisnis dibidang IT.

1. Penyediaan Hardware/Perangkat Keras
Kebutuhan akan berbagai peralatan dan perlengkapan komputer, seperti: PC, Laptop, Printer, Scanner, Peralatan jaringan komputer, Server, dan lain sebagainya.
Pebisnis hardware bisa berperan sebagai pedagang retail, distributor, instalator, atau system integrator.

2. Pedagang Software
Kebutuhan akan software sesungguhnya lebih besar dari kebutuhan akan hardware, karena satu perangkat komputer saja tentu membutuhkan berbagai aplikasi untuk dapat dipergunakan sebagai perangkat pendukung pekerjaan. Aplikasi kantoran, aplikasi pengolah grafis, aplikasi hiburan (game) dan juga aplikasi pendidikan dapat dipilih sebagai mata dagangan bagi para pedagang software.

3. Developer Software
Ini adalah lahan bisnis bagi para programmer, dan biasanya tempat mereka berkumpul dan bekerja disebut sebagai "software house". Pekerjaan dari para programmer adalah memenuhi kebutuhan pasar akan berbagai software seperti software kantoran, pengolah grafis, aplikasi pendidikan, maupun aplikasi hiburan (game).

4. Web Developer
Bisnis ini sekilas mirip dengan developer software, namun para web developer lebih berfokus pada penyediaan layanan seputar pengelolaan dan pembangunan halaman dan fasilitas web untuk keperluan bisnis, sosialisasi, pendidikan, dan lain sebagainya.

5. Pelatihan/Training Dibidang IT
Dengan makin meratanya penggunaan fasilitas IT pada berbagai sendi ekonomi sudah pasti kebutuhan akan ketersediaan tenaga trampil dibidang IT turut meningkat, lahan bisnis dibidang pendidikan yang mampu mengakomodasi permintaan pasar akan tenaga IT yang trampil adalah sebuah bisnis yang patut diperhitungkan.

6. Jasa Perbaikan/Reparasi Dan Implementasi IT
Bisnis ini meliputi aspek hardware maupun software. Banyak perusahaan membutuhkan adanya dukungan teknis yang memadai untuk menghadapi setiap kendala teknis yang muncul pada saat bekerja dengan berbagai fasilitas IT. Bisnis ini bisa seperti jasa reparasi komputer, reparasi software, reparasi jaringan dan implementasi berbagai perangkat berikut software penunjangnya.

7. Jasa Konsultasi IT
Bidang jasa ini mirip seperti halnya penyediaan jasa pelatihan/training, namun disini lebih kearah penyediaan jasa untuk menemukan solusi yang tepat untuk mencapai target usaha dengan memanfaatkan fasilitas IT yang tepat. Bidang jasa ini terutama dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dalam skala besar.

8. Sertifikasi Keahlian
Dengan makin banyaknya kebutuhan akan tenaga trampil dibidang IT. Banyak perusahaan yang membutuhkan standarisasi keahlian dari tenaga kerja yang akan mereka pekerjakan, agar bisa didapatkan jaminan keahlian yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk itu maka berbagai institusi yang mampu menyediakan sertifikasi keahlian diberbagai bidang IT seperti sertifikasi keahlian jaringan serta router, sertifikasi keahlian penggunaan software SAP, sertifikasi dibidang implementasi OS Windows, sertifikasi implementasi OS Linux, dan lain sebagainya banyak dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pasar saat ini.

---------------------------------
Demikian berbagai pilihan bisnis dibidang IT yang mungkin dapat menarik minat pembaca untuk terjun ke bisnis yang bisa dikatakan saat ini tumbuh pesat.
Akhir kata selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “8 Pilihan Bisnis Dibidang IT”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...