Tuesday, January 10, 2017

6 Perlengkapan Untuk Mencegah Terjadinya Malapetaka Kebakaran

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 10 Jan 2017 | Bila kita rajin mengikuti berita secara reguler, baik lewat media elektronik ataupun media cetak, anda tentu mendapati beberapa kali terjadinya peristiwa kebakaran di berbagai lokasi baik di negeri ini maupun juga di wilayah lain di mancanegara.

Dalam banyak peristiwa banyak didapati bahwa membesarnya api seringkali dikarenakan tidak adanya pengetahuan yang memadai pada orang-orang yang kebetulan berada di lokasi awal kebakaran. Jadi pada saat api masih kecil, banyak yang tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk memadamkannya. Dan hal lain lagi yang juga yang mengakibatkan gagalnya pencegahan malapetaka kebakaran adalah tidak tersedianya perlengkapan untuk membantu pemadaman.

Persiapkan perlengkapan untuk membantu pemadaman bila sewaktu-waktu kebakaran terjadi dan api masih belum membesar dan masih lebih mudah untuk dipadamkan secara tuntas. Berikuti ini perlengkapan yang dapat anda sediakan:

1. APAR (alat pemadam api ringan), ini tentu saja menjadi pilihan utama, karena peralatan ini memang didesain khusus untuk memadamkan api, dan tentu saja kemampuan untuk memadamkan api lebih baik dibandingkan benda-benda yang secara darurat dipilih untuk memadamkan api.

2. Selang panjang, sebaiknya disediakan di lokasi yang rawan terjadinya kebakaran, seperti dapur, bengkel, ruang mesin, dan lain sebagainya.

3. Karung goni, benda ini bila dicelupkan ke air dapat menjadi alat pemadam yang cukup ampuh. Karung goni basah akan menurunkan kuantitas oksigen di titik api, dan sekaligus membasahi wilayah yang terbakar sehingga kebakaran terhenti.

4. Pasir, meski tidak langsung dan serta merta memadamkan api yang menyala-nyala, benda ini akan efektif menutup permukaan benda yang terbakar sehingga kuantitas oksigen menurun sehingga api mengecil dan menjadi lebih mudah untuk dipadamkan. Menyediakan pasir ditempat rawan terbakar akan mempermudah upaya pemadaman apabila kebakaran terjadi.

6. Minuman bersoda, minuman dengan kadar soda tinggi bila dikocok akan menghasilkan tekanan kuat dan cipratan dari cairannya bila ditujukan ke titik api akan mampu membuat api padam, hal ini dikarenakan ada kadar CO yang cukup tinggi dari cairan soda yang menurunkan kuantitas oksigen secara drastis dan memadamkan api. Anda bisa memilih minuman bersoda dalam kemasan botol plastik besar (1,5 liter) untuk ditempatkan di lokasi yang rawan terbakar.

---------------------------------------
Silakan anda pilih salah satu atau variasi dari beberapa pilihan diatas untuk mencegah terjadinya malapetaka kebakaran ditempat anda. Senantiasa utamakan keselamatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca .. selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “6 Perlengkapan Untuk Mencegah Terjadinya Malapetaka Kebakaran”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...