Monday, January 9, 2017

3 Penyebab Kegagalan Menjual, Dan Solusi Untuk Mengatasinya

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 9 Jan 2017 | Penjualan adalah salah satu komponen penting bagi sebuah usaha. Besar ataupun kecilnya transaksi penjualan bisa digunakan sebagai indikator kemajuan dari suatu usaha. Usaha yang sukses tentu ditandai dengan angka penjualan yang bagus, sedangkan usaha yang gagal ditandai dengan rendahnya angka penjualan.

Masalah yang dihadapi oleh berbagai perusahaan adalah gagalnya pencapaian target penjualan yang sudah ditetapkan. Bila kegagalan ini hanya sedikit lebih rendah dari target yang ditetapkan tentu untuk memperbaikinya juga hanya diperlukan sedikit pembenahan saja. Namun bila pencapaian penjualan meleset terlalu jauh tentu harus dipikirkan akar dari permasalahannya.

Berikut ini 3 hal pokok yang menyebabkan kegagalan penjualan, dan juga akan saya bahas solusi untuk mengatasinya.

1. Kualitas produk tidak sesuai dengan harga (terlalu mahal)

Produk yang dijual terlalu tinggi dan bila dibandingkan dengan kompetitor di pasaran terlihat jauh lebih mahal tentu akan mengalami kegagalan penjualan, karena dalam persaingan dagang, konsumen selalu cenderung membandingkan suatu produk dengan produk setara yang lain dari sumber yang berbeda.

Solusi yang harus ditempuh adalah dengan menurunkan harga hingga masuk ke level yang pantas atau meningkatkan kualitas produk. Solusi lainnya adalah dengan mengubah produk menjadi produk yang berbeda dengan para kompetitor sehingga tidak ada lagi pembanding yang setara di pasaran, hal ini membuat harga yang ada menjadi masuk akal.


2. Customer memang tidak membutuhkan

Barang dengan harga terjangkau dengan kualitas bagus pun tidak akan dibeli oleh orang yang tidak membutuhkannya. Seperti menjual sisir kepada orang gundul atau menjual BH kepada konsumen pria, tentu sulit dan nyaris tidak mungkin menghasilkan penjualan dari konsumen yang tidak sesuai tersebut.

Solusi yang harus ditempuh adalah dengan membuat customer membeli barang untuk orang lain yang berkepentingan atau lebih ideal lagi bila orang lain tersebut adalah orang terkasih. Konsumen pria tidak membutuhkan BH bagi dirinya sendiri namun tentu bermanfaat bagi istrinya, konsumen gundul tidak membutuhkan sisir namun anak, istri atau anggota keluarga yang memiliki rambut tentu membutuhkannya.

Solusi lainnya adalah dengan meninggalkan penawaran ke konsumen yang tidak membutuhkan dan melanjutkan pencarian ke konsumen lain yang memang membutuhkannya. Dengan kata lain melanjutkan penawaran produk ke calon-calon customer yang lainnya lagi.
Meningkatkan kuantitas penawaran juga termasuk bagian dari solusi semacam ini.


3. Kualitas tenaga penjualan (sales person) yang rendah

Kualitas produk yang baik, harga murah dan kompetitif, dan produk tersebut juga mempunyai banyak konsumen, tidak akan bisa menghasilkan angka penjualan yang bagus bila dipasarkan atau dijual dengan cara yang keliru. Disinilah kualitas dari sang penjual menentukan tingkat keberhasilan dari suatu upaya penjualan.

Misalnya saja produk berupa ayam goreng cabe ijo yang lezat yang dipaketkan dengan nasi yang pulen, dan dijual di wilayah dimana banyak orang kantoran yang menyukai makanan tersebut bisa saja tidak terjual sesuai target bila dijual di tenda di lokasi yang berdekatan dengan tempat pembuangan sampah umum, yang banyak lalat dan ada bau menyengat, serta membuat jalanan dan lantai tempat dagangan menjadi becek dan kotor.

Produk pakaian dalam wanita dengan kualitas bagus dan harganya murah, bisa saja gagal terjual bila sang penjualnya adalah pria genit yang gemar colak-colek wanita calon pembelinya.
Yah .. contoh-contoh diatas memang adalah contoh untuk situasi yang ekstrim, namun dalam kenyataannya meski tidak seekstrim contoh diatas, banyak upaya penjualan yang tidak mencapai target karena rendahnya kualitas tenaga penjualannya.

Solusinya adalah meningkatkan kemampuan dan kualitas dari para tenaga penjual, baik lewat training berkala, pengawasan kedisiplinan, dan juga lewat perbaikan ahlak, sopan santun dan budi pekerti yang turut menentukan keberhasilan sang penjual untuk dapat lebih mudah diterima oleh para calon customernya.

---------------------------------------------------
Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa masalah dan solusi seputar penjualan. Dilain kesempatan penulis akan membahas secara lebih detail mengenai point-point dari masalah dan solusi penjualan diatas tadi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca .. selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “3 Penyebab Kegagalan Menjual, Dan Solusi Untuk Mengatasinya”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...