Thursday, January 12, 2017

12 Fasilitas Shortcut [Windows Button] Yang Jarang Dimanfaatkan

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 12 Jan 2017 | Meski fasilitas menu pada Windows 10 sudah kembali dimunculkan oleh Microsoft, setelah fasilitas ini sempat dihilangkan pada Windows 8, namun tampilan dari menu yang ada pada Windows 10 berbeda dengan tampilan menu pada Windows 7 atau Windows XP.

Banyak user yang masih kesulitan untuk menemukan icon Control Panel, icon Network Connection, icon Device Manager dan juga icon Run (untuk menjalankan aplikasi dengan mengetikkan nama aplikasi). Pada Windows XP dan Windows 7 icon-icon tersebut dapat dengan mudah terlihat saat tombol Start Menu di-klik.

Sesungguhnya Windows sudah menyediakan
beberapa fasilitas shortcut dengan menekan tombol [Windows Button], yaitu tomobol yang bergambar logo Windows. [Windows Button] yang ditekan bersamaan dengan tombol lain akan menghasilkan shortcut untuk menampilkan fungsi tertentu. Dengan cara ini maka user dapat dengan mudah menemukan fungsi-fungsi yang semula lebih sulit untuk ditemukan.

Berikut ini fungsi [Windows Button] yang dipadukan dengan bersamaan dengan menekan tombol lain:

1. [Windows Button] + X, akan menampilkan semacam list box (kotak daftar), berupa fungsi-fungsi dasar seperti: Control Panel, Run, Command Prompt, Device Manager, Disk Management, File Explorer, dan lain sebagainya.

2. [Windows Button] + L, akan mengunci (locking) Windows.

3. [Windows Button] + P, akan menampilkan pilihan setting layar saat akan dihubungkan ke projector atau external display.

4. [Windows Button] + K, untuk menampilkan setting koneksi bluetooth.

5. [Windows Button] + M, untuk me-Minimize tampilan Window yang sedang tampil.

6. [Windows Button] + S atau [Windows Button] + Q, digunakan untuk menampilkan fungsi "Search" (pencarian).

7. [Windows Button] + H digunakan untuk memilih "Screenshot Share", atau pembagian tangkapan layar dengan aplikasi.

8. [Windows Button] + R, untuk menampilkan window Run (untuk menjalankan aplikasi dengan mengetikkan nama aplikasi yang ingin dijalankan).

9. [Windows Button] + A, untuk menampilkan sidebar Action Center.

10. [Windows Button] + 1, untuk menjalankan aplikasi File Explorer.

11. [Windows Button] + 2 atau [Windows Button] + D, untuk melakukan Minimize atau Restore pada window yang tampil.

12. [Windows Button] + 3, untuk menjalankan aplikasi Command Prompt.

Demikian tadi daftar dari fungsi [Windows Button], yang meski sudah disediakan oleh Microsoft sejak lama, namun jarang sekali user yang tahu bagaimana memanfaatkannya. Saran saya, bila anda malas mengingat fungsi-fungsi sebanyak itu maka setidaknya ingat satu fungsi yang bisa dibilang merangkum banyak fungsi lainnya, yaitu: [Windows Button] + X. Mudah bukan?

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian, selamat mencoba fasilitas-fasilitas diatas, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “12 Fasilitas Shortcut [Windows Button] Yang Jarang Dimanfaatkan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...