Sunday, January 15, 2017

10 Aplikasi Pelengkap Linux Yang Sering Dipergunakan

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 15 Jan 2017 | Terkait artikel saya mengenai penggunaan Linux sebagai OS alternatif pengganti Windows pada 11 Januari 2017 lalu yang berjudul "Linux OS Gratis, Alternatif Pengganti OS Windows" Saya mendapatkan beberapa email yang menanyakan mengenai aplikasi apa saja yang biasanya digunakan sebagai pelengkap OS Linux. Artikel ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan seputar aplikasi pelengkap Linux.

Sama seperti halnya OS Windows yang untuk melakukan pekerjaan biasanya kemudian dilengkapi dengan aplikasi kantoran (Office) seperti pengolah kata, pembuat daftar, pembuat presentasi, pengolah grafis, pengolah database, dan lain sebagainya, Linux juga perlu dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang mempunyai fungsi serupa, dan berita bagusnya adalah aplikasi-aplikasi tersebut tersedia secara gratis.

Berikut ini adalah daftar 10 aplikasi yang paling umum dipakai di OS Linux:

1. OpenOffice (www.openoffice.org)
Ini adalah aplikasi yang mempunyai fungsi mirip dengan Microsoft Office pada OS Windows, tersedia fungsi yang mirip dengan MS Word, MS Excel, dan MS Power Point.

2. GIMP (www.gimp.org)
Adalah aplikasi pengolah gambar dan foto. Yang padanannya kalau di OS Windows adalah aplikasi Adobe Photoshop. Berbagi fungsi yang serupa dengan Adobe Photoshop tersedia disini seperti, mengubah ukuran gambar, menambahkan text pada gambar, menghapus sebagian gambar, memberikan berbagai pilihan efek pada gambar, melakukan rotasi gambar, mengatur intensitas warna dan pencahayaan, dan fungi-fungsi pengolah gambar lainnya.

3. Blender (www.blender.org)
Blender adalah aplikasi pengolah gambar yang dapat melakukan 3D render. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi AutoCAD pada OS Windows. Fasilitas yang serupa seperti membuat model, tekstur, animasi, 3D model, rendering, dan lain sebagainya tersedia pada aplikasi ini. Ini adalah aplikasi yang tergolong berat dan butuh user tingkat mahir untuk mempergunakan berbagai fasilitasnya.

4. Inkscape (www.inkscape.org)
Aplikasi pengolah gambar vektor. Aplikasi ini setara dengan aplikasi Corel Draw di OS Windows. Penggunaannya mirip dengan GIMP namun kemampuannya dalam mengolah vektor gambar, membuat gambar hasil olahan aplikasi ini menjadi lebih solid dan tidak pecah pada saat diperbesar.

5. Firefox (www.mozilla.com)
Aplikasi untuk melakukan browsing di dunia maya. Firefox adalah aplikasi yang juga populer di kalangan pengguna OS Windows, beruntung sekali Mozilla sebagai perusahaan pembuatnya juga menyediakan versi untuk OS Linux juga.

6. Thunderbird (www.mozilla.com)
Aplikasi Email Client, untuk mengelola email, baik untuk menerima ataupun mengirim email. Dibuat oleh perusahaan software Mozilla, Thunderbird juga tersedia untuk versi Windows. Jadi user Windows yang sudah terbiasa dengan Thunderbird tentu tidak canggung lagi dengan penggunaan Thunderbird di OS Linux ini. Penggunaannya juga mudah, mirip dengan aplikasi MS Outlook pada OS Windows, yang juga berfungsi sebagai aplikasi email client.

7. 7Zip (www.7-zip.org)
Adalah aplikasi untuk melakukan kompresi ataupun dekompresi file. Dapat mengenali dan mengolah berbagai jenis file kompresi seperti ZIP, RAR, TAR, ARJ, CAB, dan lain sebagainya.

8. PDFCreator (www.pdfforge.org)
Aplikasi untuk mengubah hasil printout dari aplikasi menjadi file berekstensi .PDF. Aplikasi ini setara dengan Adobe Acrobat pada OS Windows.

9. Tight VNC (www.tightvnc.com)
Ini adalah aplikasi untuk melakukan "remote desktop", yaitu fasilitas untuk menampilkan layar komputer dari komputer yang berbeda dalam sebuah jaringan lokal ataupun jaringan internet.

10. Clampwin (www.clampwin.com)
Ini adalah program antivirus. Clampwin juga tersedia pada OS Windows, sehingga user yang sudah terbiasa dengan penggunaan Clampwin dapat menggunakan antivirus yang sama di OD Linux. Perusahaan pembuatnya juga secara rutin melakukan update dari aplikasi tersebut. Meskipun gratis Clampwin terbukti ampuh untuk melakukan filter terhadap serangan virus, malware, dan berbagai program virus lainnya.

-----------------------------------
Demikian tadi 10 aplikasi yang secara umum banyak diinstal oleh user OS Linux, dan melengkapi kebutuhan user untuk bekerja baik untuk melakukan pekerjaan kantoran ringan ataupun melakukan pengolahan grafis kelas mahir. Silakan mengunjungi alamat website yang disebutkan pada setiap pembahasan aplikasi diatas untuk mendownload aplikasi-aplikasi tersebut. Dan sekali lagi saya jelaskan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut gratis.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, selamat mencoba dan selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “10 Aplikasi Pelengkap Linux Yang Sering Dipergunakan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...