Monday, November 21, 2016

Tata Cara Tayamum Bila Anda Sedang Dalam Perjalanan

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 21 Nov 2016 | Dalam banyak kesempatan, saya seringkali harus traveling dalam durasi perjalanan yang cukup panjang, sehingga saat datangnya waktu shalat saya masih berada di kendaraan. Biasanya saya menyiasati hal ini dengan menggabungkan shalat wajib dilokasi pemberangkatan, atau melaksanakan shalat di kendaraan.

Karena saat di perjalanan ketersediaan fasilitas untuk berwudhu sulit diperoleh maka sebagai penggantinya saya bersuci dengan cara tayamum. Misalnya dalam pesawat dari Jakarta sampai ke Jeddah, perjalanan panjang plus penantian pada saat boarding sendiri menyita waktu total hingga lebih dari 8 jam lamanya. Tayamum menjadi alternatif bersuci saat harus melaksanakan shalat di pesawat.

Berikut ini tata cara melaksanakan tayamum:
1. Mengucapkan Basmallah. Sama seperti halnya seseorang yang hendak berwudhu, tayamum sah apabila diawali dengan Basmallah
2. Menempelkan kedua telapak tangan ke permukaan benda yang kosong. Kalau di pesawat atau bus saya menempelkan telapak tangan saya ke sandaran kursi yang berada dihadapan saya, kalau berada di mobil saya menempelkan telapak tangan saya ke plafon mobil.
3. Hembuskan perlahan kedua telapak tangan, kemudian lanjutkan dengan mengusap wajah.
4. Tempelkan kembali kedua telapak tangan seperti pada langkah dipoint (2) diatas.
5. Rentangkan tangan kanan dalam posisi telentang (punggung tangan menghadap kebawah), hembuskan perlahan telapak tangan kiri, kemudian lanjutkan dengan mengusapkan telapak tangan kiri ke permukaan tangan yang terlentang dari pergelangan hingga ke siku. Setelah sampai siku, putar posisi tangan kanan hingga punggung tangan menghadap keatas, dan lanjutkan perjalanan mengusap lengan dari posisi siku tadi hingga ke punggung tangan.
6. Melakukan hal yang sama seperti pada point (5) tetapi kali ini telapak tangan kanan yang mengusap lengan sebelah kiri, dari mulai pergelangan sampai siku, hingga kembali ke pergelangan seperti dijelaskan pada point (5) tadi.
7. Proses tayamum selesai, ucapkan Hamdalah sebagai penutupnya.

Selesai bertayamum maka shalat bisa dilaksanakan. Namun satu hal lagi yang perlu dicatat, apabila seseorang ingin melaksanakan lebih dari satu shalat, misalnya shalat sunnah baru shalat wajib, atau shalat yang di-jama, maka lakukan satu kali tayamum untuk satu shalat. Jadi untuk 2 shalat yang lakukan 2 kali tayamum.

Demikian sedikit sharing dari saya untuk para pembaca seputar tayamum, semoga bermanfaat .. selamat mencoba .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

tata cara bertayamun berikut
sangat membantu sekali :)
saat sedang di dalam perjalanan :)





---
Supplier Tas Terbesar

anis safitri said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...