Wednesday, November 30, 2016

5 Tips Untuk Mengatasi Serangan Flu Bagi Para Jamaah Umroh/Haji

www.AstroDigi.com
AstroDigi.com | Rabu, 30 Nov 2016 | Dalam perjalanan ke tanah suci, salah satu hal yang belum saya antisipasi sebelumnya adalah merebaknya serangan flu. Akibatnya saya sempat tertular flu, dan tentunya hal tersebut mengganggu aktivitas ibadah yang unsur fisiknya lebih besar porsinya.

Temperatur di Arab yang relatif rendah, kadang hanya 17 derajat celsius, membuat ketahanan tubuh menurun dan menjadi rentan terhadap serangan virus flu.

Plus kesulitan untuk menghidar dari penyebaran virus pada saat melaksanakan sholat berjamaah atau ibadah "tawaf" dan "sai" yang menempatkan setiap jamaah berada ditengah kerumunan.



Berikut ini beberapa tips untuk membuat tubuh tetap sehat disaat wabah flu merebak:
  1. Kenakan masker saat harus melaksanakan ibadah berjamaah.
  2. Banyak minum. Ditanah suci terutama di 2 masjid terbesar di dunia seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, air zam-zam tersedia secara gratis untuk dimanfaatkan sepuasnya. Gunakan kesempatan ini untuk memperbanyak pengisian cairan tubuh dengan air berkhasiat tersebut.
  3. Gunakan pernafasan dalam dengan pola 1:3 yaitu perbandingan hitungan untuk tarikan nafas dan keluar nafas. Misalnya saat tarik nafas butuh 5 hitungan, maka saat keluar nafas buat lebih perlahan hingga 15 hitungan. Cara ini membuat paru-paru terjaga kebersihannya dan senantiasa terisi dengan udara bersih.
  4. Istirahat yang cukup
  5. Makan yang teratur dan cukup.

Demikian 5 tips sederhana yang mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca yang melaksanakan ibadah umroh/haji, ataupun sedang dalam perjalanan keluar kota dimana wabah flu sedang merebak.

Akhir kata, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “5 Tips Untuk Mengatasi Serangan Flu Bagi Para Jamaah Umroh/Haji”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...