Thursday, August 25, 2011

Alain Robert, Sang Pemanjat Gedung Berkemampuan Super


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Rabu, 24 Ags 2011 | Alain Robert, seorang pemanjat tebing asal Perancis, telah dinobatkan sebagai salah satu manusia berkemampuan super sejak ia mulai melakukan olahraga temuan barunya yang ia sebut sebagai "Free Climbing", yaitu memanjat gedung-gedung pencakar langit dengan hanya bermodalkan tangan kosong.


www.AstroDigi.com

Ia juga dijuluki sebagai spiderman karena kemampuan supernya. Burj Khalifa (gedung tertinggi di dunia), New York Times Buiding, KLCC, Ariane Building, Petronas Tower, Menara Eiffel, Sears Tower hanyalah sebagian dari gedung-gedung pencakar langit yang sudah ia taklukkan.

www.AstroDigi.com


Inspirasi awal yang membuatnya menjadi pemanjat gedung terjadi tanpa sengaja saat ia berusia 12 tahun. Saat itu ia terpaksa mendaki apartemen tempat ia tinggal hingga setinggi 8 lantai untuk mencapai jendela kamarnya karena . . kuncinya tertinggal.

www.AstroDigi.com


Berkali-kali pria asal Prancis ini ditangkap karena memanjat gedung tanpa izin, bahkan pernah diusir dari China.
Ketinggian gedung, angin kencang dan bahaya akibat kelelahan sesaat yang mungkin mendera, dan juga pengalaman 7 kali jatuh dari ketinggian, tidak juga mampu membuatnya jera atau menyurutkan nyalinya.

www.AstroDigi.com


Anehnya hingga saat tulisan ini dibuat, Alain Robert tidak pernah jera akibat terjatuh, pada tahun 1982 ia tercatat pernah terjatuh dari ketinggian 50 kaki (sekitar 15 meter), bahkan mendarat ditanah dengan KEPALA membentur daratan!

www.AstroDigi.com


Kejadian naas tersebut membuatnya koma selama 5 hari dan mengalami patah tulang dibeberapa tempat (termasuk diantaranya hidung, lutut, siku, tumit, dll). Ia juga mengalami vertigo dan gangguan pendengaran akibat kecelakaan fatal ini.

www.AstroDigi.com


Selama enam bulan ia menjalani perawatan dan selama itu pula paramedis dan media menyebutkan bahwa ia tidak akan dapat mendaki lagi, karena ia dinyatakan telah cacat 60% dan juga setidaknya jiwanya akan terguncang dan trauma akibat kecelakaan tersebut.

www.AstroDigi.com


TERNYATA . . setelah ia pulih, dalam beberapa minggu kemudian ia kembali melakukan latihan fisik keras dan bahkan lebih keras dibandingkan sebelum ia mengalami cedera. Dan setahun kemudian ia telah kembali ke performa SUPER nya dan siap untuk mengulang aksi gilanya kembali.

www.AstroDigi.com


Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gedung tidak lebih dari 1 jam, dan Robert mampu melakukannya tanpa istirahat. Ia mengaku bahwa kombinasi latihan, pengkondisian fisik, dan teknik yang sempurna membuatnya mampu berpegangan pada setiap tonjolan kecil pada dinding dan kusen jendela.

www.AstroDigi.com


Dan gilanya ia bahkan berani melakukan pemanjatan tanpa peralatan keamanan yang memadai, seperti tali atau jaring pengaman. Kekuatan supernya mampu membuatnya mencengkeram kuat pada permukaan yang nyaris datar, dan pada ketinggian ekstrim yang mampu menewaskannya bila terjatuh.

www.AstroDigi.com


Berbagai pemanjatan juga ia lakukan sebagai aksi penggalangan dana untuk bantuan sosial baik perlindungan alam, rehabilitasi para penderita cacat dan lain sebagainya.

www.AstroDigi.com


Tulisan ini saya buat sebagai rasa kagum yang mendalam atas dedikasi kuat dari seorang "Free Climber" sejati . . LUAR BIASA!

www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


Saksikan sebagian aksinya pada tayangan beberapa video berikut ini:







www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Alain Robert, Sang Pemanjat Gedung Berkemampuan Super”


Post a Comment