Wednesday, December 8, 2010

Serangga Masuk Ke Telinga? Ikuti Tips Berikut Untuk Mengeluarkannya


www.AstroDigi.com

DetikHealth | Senin, 24/05/2010 | Serangga sering kali masuk ke telinga terutama pada anak-anak. Hal ini bisa menyumbat telinga, menyebabkan iritasi bahkan kehilangan pendengaran untuk sementara waktu. Jangan biarkan ini berlangsung lama dan segeralah keluarkan serangga tersebut.

Bagian saluran telinga yang gelap, hangat dan terlindungi merupakan habitat yang ideal bagi serangga. Sayangnya, kotoran telinga yang melindungi saluran telinga sangat lengket, sehingga membuat serangga tidak bisa keluar.

Sebelum ke rumah sakit, bisa dilakukan pertolongan pertama untuk mengeluarkan serangga dari telinga.

www.AstroDigi.com


Seperti dilansir dari Ehow, Senin (24/5/2010), berikut pertolongan yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan serangga dari telinga menurut US National Library of Medicine:

1. Evaluasi keluhan anak
Serangga biasanya menimbulkan suara berderak-derak atau dengung, dan mungkin disertai rasa geli di dalam saluran telinga.

2. Jangan masukkan jari atau benda lain ke dalam telinga
Jari atau benda lain seperti pinset atau cotton bud ke dalam telinga, dapat mendorong serangga semakin masuk dan dapat membuat serangga itu menyengat, sehingga mencederai lapisan telinga atau gendang telinga.

3. Tetap tenang dan tidak panik
Anak-anak biasanya melihat respons yang ditunjukkan oleh orangtua. Untuk bisa mengeluarkan serangga dari telinga, orangtua hendaknya tetap tenang dan tidak panik, sehingga anak pun menjadi tenang. Sikap tenang juga harus dilakukan jika yang kemasukan serangga orang dewasa.

4. Letakkan kepala di atas wastafel atau bak mandi, dengan telinga yang bermasalah menghadap ke atas.

5. Isi telinga dengan baby oil (minyak bayi) atau minyak mineral, minyak zaitun dan minyak nabati
Tarik sedikit daun telinga untuk menghilangkan gelembung udara dan tunggu dua menit. Ini akan menenggelamkan serangga, sehingga lebih mudah untuk mengeluarkannya.

6. Tuangkan secangkir air bersih hangat ke telinga secara perlahan, yang memungkinkannya untuk meluap keluar.

7. Miringkan kepala untuk mengalirkan minyak dan air keluar

8. Perhatikan dengan seksama serangga yang keluar dari saluran telinga. Jika tidak utuh, ulangi langkah sebelumnya hingga semua fragmen serangga keluar.

9. Jika Anda masih tidak bisa mengeluarkan serangga tersebut, jangan dipaksakan, dan segeralah cari bantuan medis.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Serangga Masuk Ke Telinga? Ikuti Tips Berikut Untuk Mengeluarkannya”


Post a Comment