Monday, December 20, 2010

Mata Anda Minus? Ini Latihan Untuk Menguranginya!


www.AstroDigi.com

Detikhealth.com | Jumat, 17 Des 2010 | Orang dengan kacamata minus (miopia) tidak bisa melihat jelas objek pada jarak jauh, karena mata terbiasa melihat objek pada jarak dekat. Tapi dengan beberapa latihan mata bisa membantu memperbaiki penglihatan dan jarak pandang.

Miopia atau rabun jauh terjadi karena beberapa sebab antara lain faktor keturunan, lingkungan, makanan yang kurang bergizi, serta cara membaca yang terlalu dekat. Penyebab-penyebab ini membuat penderita tidak bisa maksimal melihat jarak yang jauh.

Untuk pengobatan, orang dengan rabun jauh biasanya disembuhkan dengan bedah refraksi, diantaranya Lasik. Selain itu penderita dianjurkan untuk banyak mengonsumsi vitamin A. Beberapa orang mengaku minus matanya turun dengan latihan khusus.

Dilansir Livestrong, Jumat (17/12/2010), berikut beberapa latihan mata yang bisa membantu memperbaiki penglihatan dan jarak pandang:

1. Latihan jarak pandang
Pada latihan ini Anda bekerja untuk fokus pada objek dekat dan objek jauh. Hal ini bisa melatih otot-otot di mata untuk melihat objek yang biasanya tampak buram.

Tempatkan jari sekitar 15 cm dari hidung, fokus pada jari untuk melihat dengan jelas selama 5 detik. Lalu pindahkan pandangan mata pada objek dengan jarak kira-kira 600 cm selama 5 detik. Ulangi langkah tersebut dan selang seling jarak pandangan hingga 40 kali.

2. Palming atau latihan relaksasi
Palming merupakan latihan mata yang membantu untuk merelaksasi mata. Anda secara bertahap akan mengurangi ketegangan otot di mata untuk membantu meningkatkan penglihatan.

Duduk nyaman di kursi dengan siku di atas permukaan bantal. Tutup mata dan tutupi setiap mata dengan telapak tangan masing-masing. Hal ini akan melemaskan mata dengan menggunakan kehangatan tangan untuk menenangkan mata dan meningkatkan sirkulasi.

Gosoklah tangan bersama-sama sampai terasa hangat, lalu letakkan di mata yang tertutup. Usahakan untuk tidak benar-benar menekan mata dan menjaga leher serta bahu agar tetap rileks, tahan posisi ini sampai 5 menit.

3. Latihan membaca
Latihan ini dirancang untuk mengisolasi setiap mata serta menggunakan kedua mata bersama-sama untuk membaca angka dari jarak tetap.

Duduk di kursi dan lihatlah kalender di dinding. Posisikan kursi sehingga Anda hampir tidak bisa membaca angka. Tutup mata Anda, lalu buka dan baca setiap angka. Visualisasikan setiap angka dalam kepala sebelum Anda membacanya.

Ulangi latihan hanya menggunakan satu mata. Tutup salah satu mata dengan telapak tangan dan lihat perbedaan dalam setiap mata. Jika satu mata melihat angka kurang jelas, maka berilah latihan lebih lama untuk mata tersebut. Praktikkan latihan ini minimal 15 menit setiap hari.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mata Anda Minus? Ini Latihan Untuk Menguranginya!”


Post a Comment