Saturday, December 25, 2010

Deepak Paswan, Bocah Dengan 8 Tungkai, Sukses Jalani Operasi


www.AstroDigi.com

Detikhealth.com | Senin, 13 Des 2010 | Deepak Paswan (7 tahun) dilahirkan dengan kondisi kembar siam parasit di dalam perutnya. Kondisi ini membuatnya memiliki empat kaki dan empat lengan dengan satu kepala. Dengan kondisi yang seperti itu, ia seringkali dihormati sebagai dewa.

Tapi keluarga Deepak merasa tidak nyaman dengan segala perhatian yang ditujukan pada anaknya. Pada Maret 2010 keluarga mengajukan bantuan untuk melakukan operasi agar bisa menghilangkan kelebihan anggota tubuh di sebuah rumah sakit di selatan kota Bangalore.

www.AstroDigi.com


"Kami selalu ingin melakukan operasi untuk menghilangkan kondisi kembar siam parasit tersebut dan menyingkirkan perlakuan beberapa orang terhadap dirinya," ujar sang ayah, Viresh Paswan, seperti dikutip dari Foxnews, Senin (13/12/2010).

www.AstroDigi.com


Kini impian sang ayah sudah menjadi kenyataan. Deepak melakukan operasi selama 4 jam untuk menghilangkan kelebihan anggota badannya dan membuat ia bisa menjadi anak laki-laki normal seusianya. Operasi yang dilakukan di Fortis Hospital, Bangalore melibatkan 15 dokter dan telah melalui konsultasi selama berbulan-bulan.

www.AstroDigi.com


"Kini Deepak sudah berada dalam kondisi fit 100 persen, meskipun dokter harus memastikan bahwa kondisi ususnya bisa berfungsi dengan benar dalam jangka waktu panjang, ujar kepala ahli bedah Ramcharan Thiagrajan.

www.AstroDigi.com


Kembar siam parasit umumnya jarang terjadi dibandingkan dengan kembar siam fungsional. Dan kondisi ini menjadi ancaman ketika ada terlalu banyak tekanan atau stres pada organ secara bersama-sama. Selain itu bisa juga karena adanya kista yang tumbuh dan menjadi infeksi.

"Operasi yang dilakukan untuk kembar siam parasit umumnya lebih mudah dilakukan dibanding dengan operasi untuk kembar siam. Idealnya operasi ini bisa dilakukan sekitar usia 1 tahun sebelum menyadari bahwa dirinya kembar," ujar Dr James E Stein, spesialis kembar siam dari Children's Hospital Los Angeles.

Sebelum oeprasi, dokter harus memiliki pemahaman yang baik tentang anatomi tubuh dan tahu organ apa yang perlu dihilangkan. Biasanya bayi dan anak-anak dengan kembar siam parasit yang berhasil melakukan operasi penghilangan dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Deepak Paswan, Bocah Dengan 8 Tungkai, Sukses Jalani Operasi”


Post a Comment