Tuesday, December 21, 2010

Awas, Jangan Sembarang Pakai Pakai Lensa Kontak (contact Lens)!


www.AstroDigi.com

Detikhealth.com | Jumat, 9 Jul 2010 | Lensa kontak tak hanya dipakai oleh orang yang matanya bermasalah. Anak-anak muda menggunakan lensa kontak untuk bergaya agar bola matanya berganti warna atau kelihatan tampak besar.

Tapi lensa kontak kosmetik yang membuat mata terlihat lebih besar (lensa kontak jenis circle) ternyata berbahaya untuk kesehatan bila dibeli tanpa resep. Hal ini diperingatkan oleh American Academy of Ophthalmology (AAO).

AAO prihatin meningkatnya penggunaan lensa kontak tanpa resep di kalangan remaja dan dewasa muda baru-baru ini, setelah bintang pop Lady Gaga tampil menawan dengan lensa kontak dalam video klipnya 'Bad Romance'.

www.AstroDigi.com


Lensa kontak 'circle' dibuat melampaui iris dan lensa mata, yang membuat mata tampak lebih besar. Tapi itu dapat membahayakan mata, terlebih lagi bila penggunaannya tidak disertai resep yang tepat.

Menurut AAO, penjualan lensa kontak kosmetik 'mata besar' tanpa resep sebenarnya sudah dilarang oleh pemerintah Amerika Serikat sejak tahun 2005, tetapi penjualan tetap saja terjadi melalui media online.

Asal tahu saja, semua lensa kontak diklasifikasikan sebagai alat medis dan hanya dapat didistribusikan melalui perawatan mata profesional yang berlisensi.

"Kami mengingatkan konsumen tentang bahaya dari membeli lensa kontak kosmetik tanpa resep, termasuk lensa kontak 'circle'. Setiap jenis lensa kontak adalah alat medis yang memerlukan resep yang tepat oleh perawatan mata profesional yang berkomitmen pada konsumen," pernyataan AAO, seperti dilansir dari Health24, Jumat (9/7/2010).

Dokter mata juga mencatat bahwa peradangan dan nyeri yang terjadi karena penggunaan lensa 'circle' tanpa resep dapat menyebabkan masalah yang serius, termasuk lecetnya kornea dan infeksi.

AAO juga mendesak bahwa semua lensa kontak harus dipasang oleh profesional yang terlatih. Serta siapapun yang mengembangkan rasa sakit, terbakar, kemerahan, lecet atau sensitivitas terhadap cahaya ketika menggunakan lensa kontak harus berkonsultasi dengan dokter mata.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Awas, Jangan Sembarang Pakai Pakai Lensa Kontak (contact Lens)!”


Post a Comment