Wednesday, December 16, 2009

Somnambulisme, Gangguan Yang Membuat Orang Berjalan Dalam Tidur


gambar diambil dari: http://www.wordinfo.info

Berjalan dalam tidur (juga disebut hal berjalan sambil tidur atau noctambulism) tergolong gangguan dalam kelompok parasomnia. Penderita biasanya terjaga saat tidur atau masih terjaga namun berada dalam kondisi seperti tidur (sleeping state). Berjalan dalam tidur biasanya atau bergeser dari posisi tidur mereka sebelumnya dan bergerak di sekitar lokasi dan melakukan tindakan normal seakan-akan bangun (membersihkan perabot, berjalan dan kegiatan lainnya).

Para Somnambulists (penderita somnambulisme) biasanya adalah orang-orang yang secara psikologis memiliki tingkat stress yang tinggi (baik dewasa maupun anak-anak), namun pada beberapa kasus juga ditemukan faktor genetik (keturunan) pada penderita.

Menurut sebuah studi Finlandia yang diterbitkan pada tahun 1997, jumlah penderita anak-anak yang berjalan dalam tidur lebih banyak dibandingkan penderita dewasa. Studi tersebut mencatat 6,9% penderita anak-anak perempuan dan 5,7% penderita anak-anak laki-laki, 3,1% untuk penderita wanita dewasa dan 3,9% untuk penderita pria dewasa.

Kegiatan yang dilakukan oleh para somnambulist bervariasi, seperti makan, mandi, buang air kecil, berbicara, berpakaian / menanggalkan pakaian, SMS, email, berolahraga, membawa anjing berjalan-jalan, mengemudi mobil, mengecat, membersihkan perabot, bersiul, menari, melakukan hubungan seksual, dan yang paling mengerikan adalah melakukan pembunuhan.

Berikut ini adalah beberapa kasus kriminal yang dilakukan oleh somnambulist:

  • Tahun 1981, Steven Steinberg, dituduh membunuh istrinya, namun dibebaskan atas dasar kegilaan sementara yang terjadi saat periode tidurnya.

  • Tahun 1992, Regina Parks, dituduh membunuh ibu mertuanya dan mencoba untuk membunuh ayah mertuanya. Dia juga dibebaskan.

  • Tahun 1994, Pennsylvania Ricksgers, dituduh membunuh istri dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat.

  • Tahun 1996, Burgess, dituduh memukul tetangganya di kepala. Dibebaskan atas dasar kegilaan sementara yang terjadi saat periode tidurnya.

  • Tahun 1999, Arizona Falater, dituduh membunuh istrinya. Pengadilan menyimpulkan bahwa pembunuhan itu terlalu rumit untuk dilakukan dalam periode tidurnya. Falater didakwa dengan pembunuhan tingkat pertama, dan menjalani hukuman seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

  • Tahun 2008, Brian Thomas, dituduh membunuh istrinya, dalam mimpinya ia merasa menyerang seorang penyusup. Ia didakwa membunuh dan menghadapi tuntutan hukuman seumur hidup, saat tulisan ini ditulis pengacara Thomas masih mengajukan banding.


Terdapat kepercayaan umum yang keliru berkaitan dengan somnambulisme ini, banyak orang percaya bahwa saat somnambulist berjalan atau melakukan kegiatan dalam tidurnya, tidak boleh dibangunkan. Padahal karena mereka masih dalam tidur, kesadaran mereka tidak penuh dan dapat melakukan kegiatan yang membahayakan diri mereka, seperti terjatuh atau terbentur. Sebenarnya tidak masalah membangunkan somnambulist dari tidurnya, hal ini kan lebih baik daripada membiarkannya tidur dalam keadaan yang tidak optimal.

Penyebab pasti dari somnambulisme masih belum diketahui hingga saat ini. Namun beberapa penelitian berdasarkan statistik menunjukkan bahwa para penderita stress, penderita penyakit yang berkaitan dengan epilepsi, dan keturunan somnambulist, mempunyai kebiasaan berjalan dalam tidurnya.
Pengobatan yang dilakukan biasanya adalah psikoterapi untuk menurunkan tingkat stress dan pemberian obat-obatan untuk membuat tidur lebih lelap.

Pencegahan yang dapat dilakukan bagi para dewasa dan remaja adalah hidup secara sehat dan menajuhkan diri dari stress, bagi orang tua sebaiknya tidak memberikan tekanan berlebihan terhadap anak, memberikan rasa nyaman ditengah keluarga akan menjauhkan mereka dari somnambulisme.

Video berikut memperlihatkan seorang penderita somnambulisme anak-anak, meskipun tampak seperti tidak tidur namun sebelum terbangun tampak bahwa otaknya tidak dapat bereaksi penuh terhadap lingkungannya.



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

soccer jerseys,soccer jerseys wholesale,soccer jerseys cheap,soccer jerseys for sale,cheap soccer jersey,usa soccer jersey,football jerseys
los angeles lakers jerseys, http://www.lakersjerseys.us/
fitflop, http://www.fitflop.in.net/
michael kors outlet, http://michaelkors.outletonlinestores.us.com/
mcm outlet, http://www.mcm.in.net/
longchamp outlet, http://www.longchampoutlet.name/
chicago bulls jersey, http://www.chicagobullsjerseys.net/
nike air max shoes, http://www.nikeairmaxshoess.co.uk/
swarovski outlet, http://www.swarovski.in.net/
calvin klein,calvin klein outlet online,calvin klein wholesale,calvin klein shoes,calvin klein underwear,calvin klein coats,calvin klein handbags
nike soccer cleats, http://www.nikemercurial.org/
cheap oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesoutlets.us.com/
ferragamo outlet,ferragamo shoes,ferragamo,salvatore ferragamo,ferragamo belts,ferragamo belt
michael kors,michael kors canada,michael kors handbags,michael kors outlet,michael kors outlet canada
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescheap.us.com/
manchester united jersey, http://www.manchesterunitedonline.com/
new orleans saints jerseys, http://www.neworleanssaintsjerseys.us/
iphone cases, http://www.iphonecase.name/
snapback hats, http://www.cheapsnapbacks.us.com/
celine outlet, http://www.celineoutletus.com/
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglasseswholesale.in.net/
kk0915

小 Gg said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...