Saturday, December 26, 2009

ARAPAIMA Ikan Raksasa Dari Amazon



Di sungai Amazon yang kaya dengan beraneka jenis ikan, terdapat jenis ikan air tawar yang berukuran sangat besar, yaitu ikan Arapaima atau disebut juga Arapaima Gigas. Fisik ikan Arapaima mirip dengan ikan Arawana, hanya saja ukurannya puluhan kali lipat dari ikan Arawana. Panjang tubuhnya dapat mencapai 4,5 meter (15 feet), dan berat tubuhnya dapat mencapai 225 kg (500 lbs).

Beruntunglah meskipun ikan Arapaima berukuran raksasa, namun ikan ini tidak berbahaya bagi manusia. Justru Arapaiman banyak menjadi korban penangkapan manusia, baik untuk dimakan maupun untuk dikoleksi sebagai ikan penghias akuarium.

Arapaima dapat ditemui di sungai Amazon di wilayah Brazil, dan juga di wilayah Asia di sekitar Thailand dan Vietnam, seperti sungai Mekong, mereka biasanya hidup di perairan yang dangkal dan agak berlumpur. Betinanya menyimpan telurnya didalam mulutnya hingga menetas menjadi larva ikan kecil.

Setelah menetas Arapaima membutuhkan waktu seminggu untuk dilepas dan berenang bebas. Mereka akan mencapai kedewasaan penuh pada usia 5 tahun. Arapaima dapat hidup hingga 30 tahun. Arapaima termasuk jenis predator, mereka hidup dari memangsa ikan-ikan yang lebih.

National Geographic dan Animal Planet menempatkan Arapaima sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Video berikut memperlihatkan Arapaima yang dipelihara di akuarium:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “ARAPAIMA Ikan Raksasa Dari Amazon”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...